Review Ban Corsa M5 Khusus Nmax Setelah Sebulan Pemakaian

0
ban corsa m5
Ban Corsa M5 khusus Yamaha Nmax
Suzuki Carry giicomvec

ROCKOMOTIF, Jakarta – Seiring dengan menjamurnya sepeda motor Yamaha Nmax di Tanah Air membuat industri aftermarket pun bergairah. Semua berlomba-lomba membuat produk dan aksesoris khusus Yamaha Nmax ini.

Tidak ketinggalan para produsen ban motor di Tanah Air yang berusaha merebut pundi-pundi dari para pengguna skutik bermesin 155cc ini. Tak terkecuali PT Multistrada Arah Sarana Tbk yang memproduksi ban motor Corsa.

Oktober 2018, Corsa memperkenalkan ban ukuran 13 inci khusus Yamaha Nmax di Indonesia dengan tipe Corsa M5. Sejak saat itu ban Corsa M5 ini sudah diuji kemampuannya oleh para komunitas Nmax di berbagai medan.

Kali ini giliran Journalist Max Community (JMC) yang berkesempatan menjajal ban baru Corsa M5 ini. Rockomotif pun tak ketinggalan mendapat ukuran ban depan 120/70-13 untuk ban depan dan 150/60-13 di belakang.

Ban belakang Corsa M5 dengan ukuran 150/60-13

Sebenarnya ada yang cukup membedakan ban Corsa M5 ini dari kompetitornya. Mereka menyediakan ukuran ban yang cukup besar yaitu 150/60-13 untuk ban belakang, artinya naik dua tingkat dari ukuran standar yang 130/70-13. Hanya saja tingginya dibikin 60 untuk menghindari ban mentok dengan peredam kejut dan spakbor.

Baca juga: Morning Ride JMC Menguji Ketangguhan Ban Corsa M5

Hasilnya memang ban jadi terlihat membulat namun tetap nyaman untuk digunakan sehari-hari. Penilaian ini setelah sekitar sebulan Rockomotif menjajalnya baik untuk turing maupun penggunaan sehari-hari di dalam kota.

Ban belakang Corsa M5 150/60-13 aman digunakan di Yamaha Nmax

Saat pertama kali ban terpasang, kesan yang didapat adalah ban ini memiliki kompon yang cukup empuk sehingga tetap nyaman. Karena Yamaha Nmax memang terkenal dengan setingan suspensi yang cukup keras, sehingga jika menggunakan ban dengan kompon keras akan semakin tidak nyaman.

Tapi ini tidak terjadi pada ban Corsa M5 ini dengan kompon ban yang cenderung medium-soft. Bahkan kalau boleh dibilang performa ban Corsa M5 ini memiliki kompon yang setara dengan produk yang harganya dua kali lipat.

Corsa M5 ini juga dibekali dengan silica compound yang membuat daya cenkeram ban lebih baik bahkan di suhu rendah. Klaim Corsa, ban ini 15% dapat mencengkeram lebih tinggi dibanding karet bundar yang tak menggunakan silica compound. Tapi ingat Anda wajib menyesuaikan dengan tekanan angin yang pas.

Kompon yang medium-soft menambah kenyamanan di Nmax

Corsa M5 ini juga memiliki pola tapak ban yang sporty dan dibuat terbalik. Di depan polanya V-Shape sementara di belakang menggunakan pola round atau bulat.

Fungsinya menurut Corsa adalah menambah stabilitas saat berbelok, sementara ban belakang menambah kestabilan saat berkendara.

Baca juga: Yamaha Nmax Masih Kuasai Pasar Skutik 150cc

Selain itu, masing-masing alur didesain renggang supaya memaksimalkan pengendalian di aspal kering. Menariknya lagi, khusus ban depan polanya dibuat dengan alur terbalik. Klaimnya adalah untuk mendapatkan grip lebih baik, namun fungsi utama sebagai pembelah air ketika hujan tetap optimal.

Nyatanya saat melibas aspal kering maupun hujan ban Corsa M5 ini tetap memberikan rasa percaya diri bagi pengendaranya. Tidak perlu takut saat harus bermanuver di jalan lurus ataupun saat menikung. Daya cengkeram Corsa M5 ini sangat bisa diandalkan.

Saat digunakan untuk turing, ban Corsa M5 cukup nyaman dan stabil

Teknologi lain yang disematkan pada ban yang diproduksi di Cikarang ini adalah rim guard. Ini adalah pelindung ujung rumah roda atau akrab disebut (velg) dari benturan. Seperti diketahui bahwa jalan di Tanah Air, masih banyak yang berlubang khususnya ketika masuk musim penghujan.

Dan ini dibuktikan saat kami tidak sengaja menghantam lubang dengan kecepatan cukup tinggi. Ternyata baik ban dan velg depan tidak mengalami kendala apapun.

Sekarang tinggal membuktikan daya tahan ban yang ada di Corsa M5 ini. Menurut klaimnya, ban ini sanggup menempuh hingga 15 ribu km (depan) dan 12 ribu km (belakang). Tentunya ini berkat adanya kompon silica yang diracik ke dalam ban Corsa M5.

Harga dan ukuran ban Corsa M5 untuk Yamaha Nmax

110/70-13 (Depan) Rp 270.000

120/70-13 (Depan) Rp 325.000

130/70-13 (Belakang) Rp 350.000

140/70-13 (Belakang) Rp 390.000

150/70-13 (Belakang) Rp 420.000

LEAVE A REPLY