BMW X5 Terbaru Hanya Ada Satu Varian, Ini Alasan BMW

0
bmw x5 2019
BMW X5 terbaru ini hanya tersedia satu varian xDrive40i

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mobil SUV terbaru BMW X5 baru saja meluncur resmi di Indonesia. Namun, BMW Indonesia hanya menyediakan satu varian saja untuk pasar domestik.

Padahal di pasar global, BMW sendiri memiliki beberapa line-up khusus mobil yang ditujukan untuk bos-bos ini. Misalnya saja ada varian bermesin diesel dan juga varian plug-in hybrid.

Ketika dikonfirmasi kepada pihak BMW Group Indonesia, Jodie O’Tania selaku Vice President of Corporate Communication mengatakan jika pada generasi sebelumnya memang tipe tertinggi X5 lah yang paling laku.

“Dari riset yang dilakukan kepada pelanggan di Indonesia, varian xDrive40i paling sesuai. Karena mumpuni untuk penggunaan off-road maupun on-road. Kami juga melihat bahwa konsumen lebih banyak yang memilih varian tersebut,” ujar Jodie saat peluncuran all-new BMW X5, di Jakarta (11/04/2019).

Selain itu juga, BMW X5 terbaru ini langsung dirakit lokal di pabrik BMW di Sunter, Jakarta Utara. Hal ini membuat BMW Indonesia membutuhkan waktu untuk persiapan lebih lama jika ada banyak varian yang dipasarkan di Tanah Air.

Baca juga: Generasi Terbaru BMW X5 Dilengkapi Fitur Canggih, Harganya Rp 1,5 Miliar

“Karena ini CKD (completely knocked down) kita tentu butuh waktu untuk nambah modelnya. Kita tidak menutup kemungkinan kalau memang permintaan pelanggannya luar biasa akan ada varian lain untuk BMW X5, tapi saat ini untuk diesel dan hybrid belum kita bawa,” jelas Jodie.

BMW X5 terbaru ini masih mengusung tema The Boss yang memang menyasar para pimpinan perusahaan di Indonesia. BMW X5 xDrive40i ini merupakan varian tertinggi karena memiliki performa cukup buas.

Dilengkapi dengan mesin 3.0-liter 6-silinder, dibantu dengan turbocharger twin-scroll Valvetronic. Dipadukan dengan transmisi Sport Triptonic 8-speed, hasilnya tenaga maksimal sebesar 340 hp dengan torsi maksimum sebesar 450 Nm.

All New BMW X5 ini juga memiliki kemampuan all wheel drive (AWD) lengkap dengan kemampuan off-road ringan. Urusan suspensi juga BMW X5 anyar ini sudah dilengkapi dengan air suspension. Di mana suspensi mobil ini bisa naik turun sesuai keinginan pengemudi sampai 80 mm.

Jodie menjelaskan untuk ke depannya BMW akan menambah jumlah varian dari X5. Namun hal tersebut baru dilakukan jika permintaan konsumen bertambah.

Untuk saat ini, BMW X5 terbaru ini harus menunggu tiga sampai empat bulan lamanya. Mengingat mobil ini baru saja dirakit di pabrik Gaya Motor sehingga stok unitnya masih sedikit.

BMW X5 xDrive40i sendiri dibanderol dengan harga Rp 1,489 miliar belum termasuk pajak.

LEAVE A REPLY