Simak 5 Hal Ini Agar Mudik Aman dan Nyaman

0
mudik aman
Pemudik yang meninggalkan Ibukota menuju ke kampung halamannya

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mudik merupakan tradisi bagi masyarakat Indonesia terutama di saat hari raya Idul Fitri. Tentunya semua pemudik ingin merasa aman, dan nyaman selama di perjalanan hingga selamat sampai di kota tujuan dan balik lagi ke daerah asal.

Oleh sebab itu, terutama buat yang mudik menggunakan mobil pribadi, tidak ada salahnya untuk memperhatikan hal berikut ini agar mudik aman dan nyaman. Terutama bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik dengan jarak lumayan panjang.

Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, bagaimana menerapkan pola berkendara defensif saat melakukan perjalanan mudik. Berkendara defensif ini berbeda dengan safety driving yang selama ini banyak dianut para pemilik kendaraan.

“Kalau safety driving, lebih kepada bagaimana kita mengoperasionalkan kendaraan. Sedangkan defensive driving lebih kepada bagaimana kita mengendalikan perilaku kita saat berkendara,” ungkap Sony, Minggu (26/5/2019).

Baca juga: Mudik Pakai Aplikasi Waze Bakal Ditemani Suara DJ Khaled

Ada lima hal utama dalam defensive driving agar perjalanan mudik Anda aman dan nyaman, yakni:

1. Jaga mata. Selama perjalanan mudik, pengemudi harus memasang mata yang awal dari sekeliling, baik depan, samping dan belakang.

2. Commentary driving, di mana mengomentari hal-hal yang terjadi di lingkungan luar.

3. Menjaga jarak, dengan kendaraan di depan. Agar mudik Anda aman, usahakan semaksimal mungkin tidak berada di depan mobil besar. Tujuannya untuk menghindari tabrakan karena rem blong. Apalagi saat arus mudik ini pasti banyak kendaraan lain yang ikutan mudik.

4. Jaga kecepatan kendaraan. Pastikan Anda mematuhi batas kecepatan maksimal di jalan tol dan juga jalan raya, tidak hanya saat mudik saja tapi juga setiap Anda berkendara.

5. Harus melihat dan dilihat. “Pastikan kita bisa melihat kondisi lingkungan dan sebaliknya, lingkungan bisa tahu kendaraan kita,” tutur Sony.

Sony melanjutkan, pengemudi memang tidak mungkin bisa menghindari kecelakaan, tetapi setidaknya dengan berkendara defensif bisa menekan risiko kecelakaan.

Jadi sebisa mungkin patuhi 5 hal ini agar perjalanan Anda dan keluarga ketika mudik aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY