Meski “Adik-Kakak”, Terios Tak Kenal Recall Seperti Rush

0
harga daihatsu terios

ROCKOMOTIF, Jakarta – Toyota Rush dan Daihatsu Terios merupakan produk kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu. Meski lahir di pabrik yang sama, tetapi kedua low sport utility vehicle (LSUV) itu tetap punya perbedaan.

Sebagai contoh, dalam kasus recall. Toyota harus menarik kembali 60.000 unit Rush produksi akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2018 karena mengalami masalah Curtain Airbag. Alhasil, ECU airbag-nya harus diganti.

Sementara Terios tidak mengalami hal serupa. Alasannya sederhana, karena Terios tidak memiliki Curtain Airbag, hanya ada Dual SRS Airbag pada bagian penumpang depan dan pengemudi.

“Jadi Terios tidak ada recall, karena kita tidak punya Curtain Airbag,” kata Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Jakarta.

Baca juga: Belasan Ribu Honda CR-V Kena Recall Gara-Gara Komponen Ini

Jumlah airbag pada Daihatsu Terios hanya Dual SRS Airbag, yaitu pada bagian pengemudi dan penumpang depan saja. Jadi bagi para pemilik Daihatsu Terios terbaru tidka usah khawatir ya, karena airbagnya tidak bermasalah.

Sedangkan Toyota Rush selain dual SRS airbags, tersedia juga side & curtain airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Total terdapat enam airbag di dalam kabin.

Side airbag berlokasi di bagian sisi kursi depan untuk melindungi penumpangnya bila mobil ditabrak atau menabrak pada bagian samping. Curtain airbag berlokasi di bagian pilar A dan C.

Masalah pada Toyota Rush adalah ternyata curtain shield airbag dapat mengembang secara tidak sengaja pada kondisi tertentu karena adanya program komputer yang tidak sesuai. Sehingga berakibat harus dilakukan penggantian ECU Airbag di Rush.

Pada Toyota Rush, bagian ini yang bermasalah dan harus dilakukan penggantian ECU Airbag. Pengerjaan pengecekan dan penggantian ECU Airbag Rush ini memang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan seluruh biayanya gratis.

LEAVE A REPLY