Toyota Agya Facelift Bisa Kalahkan Honda Brio Satya?

0
Harga toyota agya facelift

ROCKOMOTIF, Jakarta – Hadirnya Toyota Agya facelift pada hari ini, Kamis (19/3) melalui sosial media Youtube tentunya ingin mengganggu pasar mobil LCGC yang dikuasai oleh Honda Brio. Meskipun pasar otomotif di segmen LCGC ini terus mengalami penurunan penjualan, tapi Honda Brio masih kokoh di puncak.

Bulan Februari kemarin, Honda Brio bahkan menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan meraih penjualan lebih dari 6 ribu unit. Angka penjualan ini mengalahkan penjualan Toyota Agya yang hanya 1.745 unit dan juga Daihatsu Ayla yang terjual 2.054 unit. Jauh juga ya selisihnya!

Langkah PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Agya facelift ini memang diharapkan dapat menambah pundi-pundi Grup Astra, tentunya dengan ditemani oleh Daihatsu Ayla facelift. Lantas apa senjata utama Toyota dan Daihatsu dalam menggempur Honda Brio ini?

penjualan honda brio
Honda Brio Satya jadi mobil terlaris Honda di bulan November 2019

Toyota membekali Agya facelift ini dengan sejumlah pembaruan baik eksterior maupun interior dan juga fitur-fitur di dalamnya. Kalau urusan tampilan luar itu lebih ke selera subjektif dari masing-masing orang. Pada Agya TRD ini sudah mendapat lampu utama dengan proyektor LED, sementara Brio Satya tipe tertinggi masih menggunakan lampu halogen biasa.

Baca juga: Toyota Agya Facelift Lebih Mahal Rp 500 Ribu Dari Versi Sebelumnya

Untuk desain velg pun, pada Agya TRD ini sudah two tone kekinian, sementara Honda velg two tone hanya ada pada varian Brio RS yang bukan masuk ke segmen LCGC.

Masuk ke bagian interior, Toyota sudah berbenah dengan menghadirkan Start Stop Button untuk menyalakan dan mematikan mesin, yang tidak dimiliki oleh Honda Brio Satya maupun Brio RS yang lebih mahal. Fitur ini hanya tersedia di Agya 1.2 TRD S ya.

Interior honda brio satya
Interior mendapat sentuhan baru di All New Honda Brio

Hadirnya fitur AC digital di Agya ini juga dimaksudkan untuk menandingi panel AC milik Brio yang sudah digital. Sayangnya di Agya facelift sudah mendapat head unit layar sentuh, sementara di Honda Brio Satya fitur ini belum tersedia. Honda hanya menyediakan layar sentuh di Brio RS.

Baca juga: Daihatsu Ayla Facelift Turun Harga, Mulai Dari Rp 100 Jutaan

Selebihnya fitur yang dimiliki relatif sama, seperti dual airbag, kemudian pengereman ABS dan EBD. Untuk mesinnya pun Toyota Agya 1.2 TRD sudah dibekali dengan mesin 1.2L bertenaga 88 PS dan torsi 108 Nm. Sementara Honda Brio Satya dibekali dengan mesin 1.2L bertenaga 90 PS dan torsi 110 Nm. Mesin Brio Satya ini sedikit lebih bertenaga dibandingkan dengan Agya terbaru.

Interior toyota agya facelift

Untuk transmisi pun, Agya 1.2 TRD AT dilengkapi dengan transmisi otomatis 4-speed konvensional. Sedangkan Honda sudah membenamkan transmisi CVT untuk Brio Satya.

Penentuan ada di harganya, Toyota Agya 1.2 TRD AT ini dijual dengan harga Rp 169,29 juta. Sedikit lebih murah ketimbang Honda Brio Satya E CVT yang dibanderol Rp 170,1 juta. Sekarang pilihan ada di tangan Anda, lebih suka desain Toyota Agya terbaru ini apa masih memilih desain Honda Brio Satya yang meluncur saat GIIAS 2018 silam.

LEAVE A REPLY