Lama Parkir Karena WFH, Perlukah Mobil Ganti Oli Mesin?

1
ganti oli mesin yang lama parkir

ROCKOMOTIF, Jakarta – Selama PSBB yang diberlakukan oleh pemerintah, sebagian masyarakat memilih untuk tidak menggunakan kendaraannya. Hal ini juga dikarenakan regulasi bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Bagi mereka yang biasa menggunakan mobil untuk bekerja dan terkena WFH, otomatis kendaraan tersebut harus terparkir lebih lama di garasi.

Melihat kondisi tersebut, Hadi Taruna alias Hatar, membagikan beberapa tips mengenai perlukah penggantian pelumas kendaraan tersebut.

Dalam bincangnya, Hatar, menyarankan untuk melakukan penggantian oli. Terlebih ketika mobil tersebut telah digunakan untuk harian sebelum WFH.

Baca juga: Ini Tips Rawat Kendaraan Saat Bosan #DiRumahAja

“Kalau setelah ganti oli mobil dipakai harian lalu dikandangin karena PSBB, artinya olinya sudah terjadi friction, dan disarankan untuk ganti juga olinya,” ujar Hatar, ketika dihubungi.

Namun, hal tersebut bukan mutlak. Ia menambahkan, kalau setelah penggantian oli mobil dan tidak digunakan lagi, penggantian oli tidak dilakukan juga tidak apa-apa.

Ia menjelaskan, karena kotoran mesin yang sudah dilumasi oli tersebut tidak terlalu banyak, lain halnya ketika mobil sudah digunakan dan terjadi friction, maka gesekan antar komponen mesin juga menjadi banyak, sehingga harus dilakukan penggantian.

“Kalau setelah ganti oli terus mobil tidak digunakan, maka tidak ganti pun tidak masalah,” tandasnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY