Bagi Suzuki Motor, Market Skutik Di Bawah 125cc Masih Oke

0
Skutik suzuki 115cc

ROCKOMOTIF, Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, belum lama ini meluncurkan varian baru untuk skutik tangguh mereka, Nex II dengan wujud crossover. Dalam peluncurannya, Suzuki, masih menggendong mesin 115 cc untuk menjadi jantung pacu dari skutik yang dibanderol Rp 17,999 jutaan ini.

Meski pabrikan lain sudah mengeluarkan produk dengan kapasitas mesin yang lebih besar, namun Suzuki masih percaya diri bahwa market motor skutik dengan kapasitas mesin di bawah 125cc masih sangat diminati oleh konsumen Indonesia.

Yohan Yahya, Dept Head of Sales & Marketing 2W PT SIS, menjelaskan alasan pihaknya masih bermain dan setia dengan skutik bermesin kecil ini. Salah satunya adalah pasar yang masih begitu besar sehingga Suzuki masih betah di segmen ini.

“Karena marketnya memang besar di segmen itu. Matik dengan mesin 125cc ke bawah ini, di Indonesia itu pasarnya mencapai 60 persen,” jelas Yohan Yahya, di Bogor, Jawa Barat, dalam sesi media test drive Nex II Crossover (16/12/2020).

Baca juga: Suzuki Berikan Diskon Spesial untuk Suku Cadang

Di samping itu, mengingat market yang cukup besar serta harga yang ditawarkan sangat kompetitif. Juga menjadikan alasan Suzuki enggan meninggalkan segmen tersebut dan naik kelas. Sebab, konsumen otomotif masih banyak yang mengincar motor bekapasitas mesin kecil.

“Ya kalau market terbesar ada di situ, otomatis daya beli terbesar juga ada di situ. Karena ya masyarakat kita saat ini, atau katakanlah pembeli kendaraan paling banyak di segmen 125cc ke bawah. Ini karena segmennya entry level, dan boleh dibilang yang bermain di kelas-kelas bawah semua di situ (110-115cc),” tambah Yohan.

Meski demikian, bukan tidak mungkin bagi Suzuki untuk melakukan perubahan nantinya. Karena, saat ini Suzuki juga terus memantau perkembangan segmen tersebut.

“Semua pasti akan ada perubahan, dan kita melihat market cukup oke untuk saat ini. Ya kita ambil saja dulu segmen ini,” tandas Yohan.

LEAVE A REPLY