Kata Gaikindo Soal Diskon PPnBM Berlaku sampai Mobil 2.500 cc

0
Fortuner ppnbm

ROCKOMOTIF, Jakarta – Diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) mobil 4×2 dan 4×4 berkubikasi mesin 1.500 cc hingga 2.500 cc akan berlaku per April 2021.

Kebijakan ini telah diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta dihadiri oleh Menteri Perindustrian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan ada dua skema diskon PPnBM yang diberikan kepada mobil berpenggerak 4×2 dan 4×4.

Skema pertama untuk kendaraan 4×2 adalah mengurangi separuh tarif PPnBm yang semula 20 persen menjadi 10 persen pada April-Agustus 2021. 

Baca juga: Dapat Diskon PPnBM, Harga Kijang Innova Turun Rp 32 Jutaan

Kemudian pada tahap II atau September-Desember 2021, PPnBm jenis mobil itu menjadi 15 persen.

Yohannes Nangoi Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan, tentunya Gaikindo sangat berteima kasih banyak kepada pemerintah mau memberikan insentif pajak ini, bahkan kini diperluas hingga 2.500 cc.

Bukan hanya itu, bahkan pemerintah juga akan menurunkan local purchase dari 70 persen menjadi 60 persen.

“Tentunya ini sangat positif sekali, karena bisa meningkatkan perekonomian Indonesia di masa seperti ini dan tentunya menggairahkan lagi industri otomotif dalam negeri,” kata Nangoi ketika dihubungi, Senin (29/3/2021).

“Dengan meningkatnya penjualan kendaraan, industri otomotif akan bangkit dan membantu memulihkan ekonomi nasional,” tutup Nangoi. (Ana)

LEAVE A REPLY