Solusi UD Trucks Menjaga Lingkungan di Tengah Pandemi

0
Ud truck go green

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tidak terasa pandemi Covid-19 sudah melanda di seluruh dunia hingga dua tahun lamanya, yang tentunya memberikan tantangan berat di semua sektor industri salah satunya UD Trucks.

Termasuk di sektor logistik seperti yang dialami oleh UD Trucks sebagai penyedia solusi transportasi kendaraan komersial. Di tengah pandemi COVID-19, UD Trucks mengukuhkan komitmen ‘Ultimate Dependability’ bagi semua pelanggannya di Indonesia.

Chrisnoadhi, Vice President dari PT UD Astra Motor Indonesia menjelaskan bahwa sejak didirikan pada 1935, UD Trucks akan terus berupaya untuk mendukung mitra dan memuaskan pelanggannya dengan produk-produk terbaik yang dapat diandalkan seiiring  perkembangan global yang terjadi. Dunia saat ini tengah mengupayakan usaha-usaha penghematan energi serta penghijauan untuk keberlangsungan masa depan yang lebih baik.

Baca juga: Penjualan Sparepart UD Trucks Kini Tersedia di Marketplace

Ud truck go green

UD, yang merupakan singkatan dari ‘Ultimate Dependability’, kini menjadi landasan bagi seluruh kegiatan operasi bisnis di seluruh dunia. Dengan visi ini, UD Trucks telah melampaui konsep berpikir terdahulu, dan menetapkan kebijakan operasi untuk melanjutkan inovasi di semua area, khususnya di tengah masa pandemi ini untuk keperluan seluruh pelanggan UD Trucks di Indonesia sembari fokus terhadap penghijauan.

Faktor terpenting ketika memilih kendaraan komersial, khususnya truk sebagai alat pengangkut adalah tenaga dan daya tahan. Namun belakangan, faktor lain berhubungan dengan kenyamanan mulai dipertimbangkan.

“Sering kali truk yang kita jumpai di jalanan dalam kondisi jendela terbuka, bisa dipastikan di dalam kabin tersebut tanpa AC (Air Conditioning) yang menyala. Padahal, penggunaan AC secara tidak langsung juga berhubungan dengan keselamatan”, seperti yang dikatakan oleh Catur Wibowo, Defensive Driving Trainer dari ORD Training Center.

AC sebenarnya bukan peranti atau fitur yang berhubungan langsung dengan keselamatan, seperti perangkat rem atau seat belt. Namun, ada satu ilmu defensive driving yang menganjurkan untuk membuat nyaman dalam kendaraan. Salah satunya dengan AC.

Baca juga: Astra UD Trucks Berbagi Kepada Pengemudi Truk di Gerbang Tol Cikupa

UD Trucks mengerti pentingnya menjaga protokol kesehatan di era pandemi, dan salah satunya melalui fitur AC (Air Conditioning) yang dilengkapi di semua varian Quester. Kenyamanan pengemudi truk tetap terjaga tanpa harus membuka kaca di tengah kemacetan dan polusi udara yang terjadi dan perjalanan tidak perlu banyak perhentian untuk beristirahat sehingga pengemudi bisa tenang berkendara dan aman di jalan raya.

UD Trucks memanfaatkan inovasi dan teknologi sejak tahun 2018 melalui pengembangan untuk penggunaan bahan bakar biodiesel 30 persen atau B30. Bersama dengan bagian RnD dan aftermarket, semua transmisi dan filter telah dikembangkan agar dapat beradaptasi dengan bahan bakar terbarukan yang di harapkan lebih ramah lingkungan. Hal ini selaras juga dengan arahan pemerintah dalam penerapan bahan bakar berstandar EURO 4 untuk mesin diesel di Indonesia. Pihaknya juga telah menyiapkan berbagai ragam perkembangan untuk menuju tahap EURO 4 di tahun ini.

“Kami sudah menyiapkan improvement itu sejak beberapa waktu lalu, dan sudah mulai berjalan. Tapi secara umum, dengan adanya EURO 4 kami bersyukur dapat turut serta program pemerintah untuk berkontribusi terhadap pengurangan emisi kendaraan yang berpengaruh terhadap penghijauan,” pungkas Chrisnoadhi.

Bila dilihat lebih dalam lagi, semua fitur UD Trucks saat ini sangat memudahkan pengemudi menghadapi pandemi COVID-19 dan membantu upaya dalam pencapaian komitmen untuk ‘Go Green’.

LEAVE A REPLY