Mini Rilis Delapan Varian Terbaru, Fiturnya Semakin Lengkap

0
mini indonesia terbaru

ROCKOMOTIF, Jakarta – Selang dua hari setelah peluncuran BMW Seri 3 terbaru, BMW Group Indonesia menghadirkan varian terbaru dari Mini. Tidak tanggung-tanggung, ada delapan varian Mini yang diluncurkan oleh Mini Indonesia yaitu Mini 3-door, Mini 5-door, Mini Cabrio, dan Mini John Cooper Works.

“Hari ini, Mini melakukan peluncuran terbesarnya. Dengan 8 varian terbaru untuk hampir seluruh lini model, menekankan pesan Mini adalah untuk semua orang,” ungkap Mr Kidd Yam, Head of Mini Asia pada peluncuran online, Jumat (20/8/2021).

Di seluruh lini model terbaru, bahasa desain yang baru, semakin simple, dan bergaris tegas mengarahkan mata ke perubahan esensial. Desain fascia depan telah sepenuhnya mendapat sentuhan baru, dengan fokus penting seperti gril yang lebih besar membentuk segi enam yang tidak terputus, serta lampu kabut yang diganti dengan saluran masuk udara.

Pembaruan ini membuat tampilan depan lebih dominan, serta meningkatkan aerodinamika. Bagian belakang juga telah menerima pembaruan desain yang signifikan dengan geometri apron belakang khusus model.

Baca juga: London Electric Car Tawarkan Konversi MINI Klasik Menjadi Mobil Listrik

Sebagai bagian dari paket eksterior Piano Black yang menjadi standar pada varian Cooper S dan John Cooper Works. Beberapa elemen seperti door handles, side scuttles, dan tutup tangki bahan bakar kini hadir dalam warna high-gloss black.

Elemen lain yang mendapat finishing high-gloss black antara lain logo Mini yang berada di kap mesin dan pintu bagasi, model lettering di pintu belakang, tailpipe dari system knalpot, cincin pada lampu depan, grill radiator hingga lampu belakang.

Bagian interior mengalami penyempurnaan, sejalan dengan pendekatan “reduced design” yang baru, ada sedikit krom di interior dan pengerjaan ulang tata letak dasbor. Semua model Mini menerima setir kulit sport baru sebagai standar, dengan desain baru dan blackpanel untuk kontrol multifungsi.

Selain itu, layar Digital Cockpit 5 inci di belakang setir hadir sebagai standar. Kluster instrumen digital ini pertama kali terlihat pada MINI John Cooper Works GP, dan sekarang tersedia di semua varian di seluruh model MINI yang dipasarkan di Indonesia. Fitur ini menampilkan semua informasi yang relevan dengan mengemudi serta pesan kontrol dan tampilan status dari sistem bantuan pengemudi.

Baca juga: MINI JCW GP Versi Hemat Hadir di IIMS 2021, Cuma 7 Unit

Juga sebagai standar adalah sistem infotainment dengan layar sentuh 8,8 inci yang dikelilingi oleh cincin LED yang diukir laser. Tampilan layar dengan simbol dan teks putih pada latar belakang warna baru memiliki tampilan berkelas dan modern. Untuk pertama kalinya, fungsi Navigasi hadir sebagai standar di semua varian.

Untuk pertama kalinya, paket system Driving Assistant menjadi standar di semua MINI 3-Door, Mini 5-Door dan Mini Cabrio. Fungsi yang menggunakan kamera sebagai basis kalkulasinya ini hadir untuk menambah keamanan pengemudi saat digunakan di jalan raya dengan mengenali batas kecepatan. Fungsi collision warning dan pedestrian warning dengan fungsi city braking, membuatnya semakin mudah keluar dari kondisi berbahaya, khususnya pada lalu lintas dalam kota.

Fitur penting lainnya adalah, Park Distance Control dengan sensor dan kamera mundur, juga fungsi cruise control dengan aplikasi rem. Fitur baru Lane departure warning juga membuat pengemudi tetap di jalurnya saat mengemudi di kecepatan 70 sampai 210 km/jam. Untuk menghindari perpindahan lajur secara mendadak, system juga membaca marka jalan.

Baca juga: BMW Tawarkan Seri 3 Terbaru, Ada Sedan dan Touring

Pada Mini John Cooper Works juga telah dilengkapi digital high-beam assistant dengan Adaptive LED Matrix Headlights. Tidak hanya itu varian Mini John Cooper Works juga telah dilengkapi dengan Parking Assistant yang membantu proses keluar masuk ruang parkir dengan sangat nyaman.

Untuk bagian mesin masih tetap sama seperti sebelumnya, varian Cooper menggunakan mesin tiga silinder 1.5 liter TwinPower turbo untuk Mini 3-Door, Mini 5-Door dan Mini Cabrio. Kemudian mesin empat silinder 2.0 liter untuk varian Cooper S, dan juga untuk varian John Cooper Works dengan perbedaan pada setingan tenaganya.

Semua ini dipadukan dengan pilihan transmisi 7-percepatan Steptronic untuk varian Cooper, pada Cooper S dengan 7-percepatan Steptronic Sport dengan double clutch. Sedangkan pada varian John Cooper Works dilengkapi dengan transmisi 8-percepatan Sport Automatic.

Harga lengkap Mini terbaru (off the road)

MINI Cooper 3-Door Rp. 645.000.000,-
MINI Cooper S 3-Door Rp. 785.000.000,-
MINI Cooper 5-Door Rp. 685.000.000,-
MINI Cooper S 5-Door Rp. 825.000.000,-
MINI Cooper Cabrio Rp. 735.000.000,-
MINI Cooper S Cabrio Rp. 865.000.000,-
MINI John Cooper Works 3-Door Rp. 935.000.000,-
MINI John Cooper Works Cabrio Rp. 985.000.000,-

LEAVE A REPLY