Modal Blue Core Hybrid, Yamaha Fazzio Jadi Penantang Serius Honda Scoopy

0
Komparasi Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy
Komparasi Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sama-sama bertarung di segmen skuter retro, berikut komparasi Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy buat pecinta roda dua di Indonesia.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi melepas skuter hybrid terbarunya, Fazzio untuk konsumen di Indonesia. Kehadiran model anyar ini tentu mengusik segmentasi pasar dari Honda Scoopy, yang lebih dulu masuk pasar otomotif.

Kehadiran model terbaru ini tentunya membawa angin segar bagi konsumen otomotif. Tidak hanya melalui desainnya yang lebih nyentrik, tetapi juga melalui serangkaian fitur yang ditanamkan di dalamnya.

Sebagai salah satu hal yang paling diunggulkan pada skuter ini adalah Blue Core Hybrid, di mana untuk model Honda Scoopy sistem yang disematkan masih mengandalkan teknologi konvensional.

Lantas apa yang menjadi keunggulan dari fitur Blue Core Hybrid pada Yamaha Fazzio tersebut? Berdasarkan informasi dari Yamaha Indonesia, fitur tersebut akan aktif pada 3 detik pertama saat motor dijalankan.

Pada momentum tersebut, motor membutuhkan tenaga ekstra sehingga melalui penanaman Blue Core Hybrid ini kinerja motor menjadi lebih ringan.

“Kenapa 3 detik pertama? Karena pada momen tersebut motor membutuhkan tenaga yang besar. Apalagi pada saat berboncengan, menghadapi jalan yang menanjak, dan membawa barang. Dan di situlah sistem hybrid ini bekerja,” jelas Antonius Widiantoro, Manager Publik Relations, YRA and Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Jika dibandingkan dengan Honda Scoopy yang menjadi lawan sepadannya, motor ini belum menanamkan fitur pintar tersebut.

Selain fitur Blue Core Hybrid yang menjadi daya pikat kepada konsumen, Yamaha Fazzio juga sudah dibekali dengan tampilan speedometer full digital.

Dalam memberikan informasi terkait sepeda motor, semua sudah terpampang secara detail melalui layar ini. Adapun indikator yang disematkan antara lain adalah Electric Power Assist Start, baterai smartphone, notifikasi pesan dan telapon, serta adanya jam digital.

Sementara Honda Scoopy terbaru, tampilan pada layar tersebut masih mengandalkan model perpaduan antara analog dan digital. Di mana, untuk format digital informasi yang disajikan seperti indikator bensin serta jarak tempuh kilometer.

Berdasarkan informasi resminya, komparasi Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy pada sisi jantung pacu memiliki tenaga yang mirip-mirip. Keduanya dibekali dengan mesin silinder tunggal dengan kapasitas 125 cc.

Tenaga yang dihasilkan pada Honda Scoopy memang lebih besar sedikit dibandingkan Yamaha Fazzio.

Honda, mengklaim skutik mereka mampu memproduksi tenaga sebesar 6,6 kW sedangkan Yamaha mampu menghasilkan tenaga 6,2 kW. Sedangkan torsinya, Honda Scoopy lebih kecil karena menghasilkan 9,3 Nm dan Yamaha Fazzio memiliki torsi sebesar 10,6 Nm.

Mengenai harga yang ditawarkan, dengan berbagai keunggulan yang telah disematkan, Yamaha Fazzio ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 21,7 juta hingga Rp 22 jutaan.

Harga tersebut sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Honda Scoopy di mana harga jualnya berkisar mulai dari Rp 20,4 jutaan sampai Rp 21,2 jutaan.

LEAVE A REPLY