16 Oktober 2017 Ribuan Kartu e-Toll Dibagikan Gratis

0
E-toll
Senin mendatang akan dibagikan kartu e-Toll gratis. Foto/Istimewa.
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Guna mendukung penerapan elektronifikasi jalan tol 100% pada Oktober 2017 akan dilakukan pembagian kartu e-toll gratis. Ini merupakan langkah positif serta memudahkan pengguna jalan tol dalam bertransaksi.

Program ini sesuai amanat Presiden Republik Indonesia yang tertuang dalam regulasi Peraturan Menteri PUPR No. 16/PRT/M/2017 tanggal 12 September 2017 yaitu tentang Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol.

Pemberian kartu e-toll gratis ini ditegaskan Direktur Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI, Pungky Wibowo. Pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu uang elektronik akan mendapat satu keping saat hendak memasuki pintu tol.

Namun perlu di catat perlu dicatat, hanya kartunya saja yang gratis. Sedangkan saldo dalam uang elektronik tetap harus dibayar pengguna.

“Ini program dari Badan Usaha Jalan Tol di bawah supervisi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Dan juga program dari perbankan. Ini diberikan secara gratis mulai 16 Oktober hingga 31 Oktober 2017,” ujarnya.

Nantinya kartu e-toll gratis itu dari lima bank penerbit, yakni Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia. Ada juga dari Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara dan Bank Central Asia.

Menuju Penerapan  Multi Lane Free Flow

Sejak 2017, kementerian dan lembaga terkait telah melakukan langkah-langkah penyiapan implementasi. Dalam meberikan dukungan kelancaran program ini ada berita gembira, pasalnya kartu e-money atau uang elektronik dari lima bank penerbit akan

Dilansir dari laman Bank Indonesia dinyatakan beberapa ruas jalan tol sudah memberlakukan elektronifikasi sebelum 31 Oktober 2017.

“Ini sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR tentang Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol yang mewajibkan gerbang tol menerapkan transaksi elektronik,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Darmin menambahkan elektronifikasi jalan tol di Indonesia menjadi begitu penting karena sasaran akhir pengembangan jalan tol adalah penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF). Yaitu proses pembayaran tol tanpa henti (pengguna jalan tol tidak harus menghentikan kendaraan di gerbang tol) sehingga transaksi pembayaran menjadi lebih efisien dan lancar.

 

 

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY