Toyota Sulap Taman Lalu Lintas Bandung Jadi Lebih Keren

0
Toyota Sulap Taman Lalu Lintas Bandung
Toyota Sulap Taman Lalu Lintas Bandung
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Bandung – Kota Bandung berulang tahun ke-207 pada bulan September kemarin dan mendapat hadiah dari PT Toyota Astra Motor (TAM) berupa Taman Lalu Lintas yang lebih keren.

Untuk itu, Toyota menyisihkan sebesar Rp 9,2 miliar dari keuntungan penjualan mobil mereka untuk menyulap Taman Lalu Lintas Bandung menjadi lebih hijau dan bermanfaat untuk warga Bandung.
Sejatinya, proyek revitalisasi Taman Lalu Lintas Bandung ini mengacu pada upaya untuk memperkuat posisi taman yang sudah ada sejak 1958 ini, sebagai salah satu ikon bersejarah di kota Bandung.

“Diharapkan, dengan selesaikan revitalisasi ini, keberadaan Taman Lalu Lintas Bandung lebih memberikan manfaat yang  terbaik bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya,” kata Henry Tanoto, Vice President TAM.

Menurut Walikota Bandung, Ridwan Kamil, Kalau aman berlalu lintas harus berpengetahuan, pendidikan berlalu lintas dari Taman Lalu Lintas. Karena Taman Lalu Lintas menginspirasi taman-taman tematis lainnya.

“Bandung dipilih oleh Bloomberg Foundation sebagai salah satu kota paling aman di dunia. Jumlah kecelakaan di Bandung pun sudah berkurang 25 persen,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Konsep Desain Taman Lalu Lintas Bandung
Agar lebih keren, konsep desain taman seluas 3,5 hektar yang dulunya bernama Insulinde Park ini diarahkan untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran berlalu lintas bagi masyarakat.

Dengan adanya tata ruang lalu lintas terpadu yang terdiri dari zona-zona, serta taman bermain outbond.

Kemudian, rancangannya mengacu pada kontur Kota Bandung yang memiliki nuansa pegunungan seperti Dago dan Lembang, kawasan aliran sungai seperti Cikapundung dan Cikapayang.

Dan, nuansa Bandung sebagai kota metropolitan yang penuh sejarah seperti tempat Konferensi Asia Afrika (KAA) dan Kawasan Kota Tua Braga.

Taman Lalu Lintas Bandung
Zona Perkotaan di Taman Lalu Lintas Bandung

Berdasarkan konsep tersebut, revitalisasi telah membangun menjadi tiga zona yaitu, zona pegunungan, zona perkotaan, dan zona air.

Pembenahan taman ini agar anak-anak mengenai tata tertib berlalu lintas, baik secara experimental learning maupun teori.

“Saya menitipkan agar dikelola secara profesional. Taman ini ada lingkungan hidup, pendidikan, dan lainnya. Ada kota dengan minatur jalan Braga, jalan Merdeka, agar anak paham dengan kerumitan lalu lintas,” tambah Ridwan Kamil.

Selain itu, juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi keluarga dan ruang terbuka hijau sebagai paru-paru di tengah kota Bandung.

Nantinya, Pengunjung akan dapat memperoleh pengalaman, pembelajaran, serta teori berkendara di daerah perkotaan dan pegunungan.

Tak hanya itu, Toyota juga menambah fasilitas bagi taman ini seperti jogging track, taman bermain anak, dan area piknik keluarga.

Di samping itu, juga dilakukan revitalisasi infrastuktur taman, mencakup pembenahan jalan, shuttle bus, mushola, dan sarana kuliner atau restoran.

“Berbagai perbaikan terhadap lingkungan kami lakukan. Survey UNPAD 2017 di bulan Mei. Alhamdulillah, warga yang betah di Bandung mencapai 96 persen,” pungkas Kang Emil.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY