Review BMW 530i: Generasi Terbaru Selembut Sutra

0
BMW 530i G30
BMW 530i Luxury G30 Foto/Adji

ROCKOMOTIF, Jakarta – Generasi terbaru BMW Seri 5 ini memberikan rasa berkendara yang sangat halus seperti sutra.

Ada yang mengejutkan saat pertama kali mengendarai mobil BMW Seri 5 terbaru ini di Indonesia. Bukan karena fitur semi otonom yang menghilang dibanding BMW seri 5 yang diluncurkan di Eropa. Nah, sayangnya untuk pasar Indonesia fitur semi otonom ini tidak tersedia di model Seri 5 yang sudah dirakit lokal di Indonesia ini.

Sehingga kami lebih fokus kepada performa dan juga kenyamanan serta fitur lain yang ada di 530i Luxury ini. Satu yang langsung terasa adalah performanya yang sangat halus. Ini bukan bualan kami semata, tapi ini benar-benar kami rasakan sendiri.

Oh iya, BMW Indonesia sudah menyediakan Display Key untuk Seri 5 terbaru ini, kunci mobil yang mampu menampilkan berbagai informasi dari mobil dengan teknologi layar sentuh. Sama seperti miliki Seri 7.

BMW 530i G30
Tampak belakang BMW 530i G30 Foto/Adji

Performa Mesin Halus

Mesin 2.0 liter dengan turbo dipadukan dengan transmisi otomatis 8-speed menyuguhkan rasa berkendara yang sangat lembut. Bahkan perpindahan gigi pun hampir tidak terasa. Tenaga puncaknya mencapai 252 hp dan torsi 350 Nm dengan kecepatan makismum dibatasi hingga 250 kpj.

Ada perasaan saat pedal gas kami tekan, kemudian mobil menerjemahkan kepada mesin dan transmisi dengan sangat halus, hampir sehalus sutra. Ini yang sangat terasa jika dibandingkan dengan mobil-mobil BMW lainnya, bahkan juga dengan kompetitornya.

Mode Comfort memang menjadi mode standar saat mobil dinyalakan dan ini memang mode yang paling nyaman untuk berkendara di dalam kota. Pengendaliannya terasa tenang, bahkan saat jarum spidometer menunjukkan angka 160 kpj, kami tidak sadar jika mobil sudah melaju sekencang itu.

Mesin 2.0L BMW 530i Luxury
Performa mesinnya 2.0L turbo sangat halus Foto/ Adji

Saat dipindahkan ke mode Eco pun mobil masih terasa nyaman, meski sedikit terasa jeda saat pedal gas diinjak spontan demi mempertahankan efisiensi bahan bakar. Nah, begitu pindah ke mode Sport, sayangnya mobil ini masih menunjukkan tingkat kenyamanan yang tidak jauh berbeda dari mode Comfort. Hanya membuat mobil sedikit lebih agresif dengan tingkat peredaman suspensi yang masih empuk. Namun tetap bisa mengintimidasi mobil-mobil lain saat melesat di jalan bebas hambatan.

Kami pikir memang mobil ini didesain untuk membuat penumpang di dalamnya merasa betah untuk berlama-lama. Memang di kelasnya mobil ini ditujukan bagi para pebisnis yang menginginkan mobil nyaman untuk dipakai bekerja maupun saat libur akhir pekan dengan keluarga. Nilai lebih dari generasi terbaru Seri 5 ini adalah tingkat kesenyapan kabinnya yang sangat sunyi. Nyaris tidak ada suara dari luar yang masuk ke dalam kabin.

Interior Mewah 

Di dalam kabin aura mewah langsung terasa dengan adanya ornamen kayu. BMW juga sudha menyediakan parfum untuk 530i Luxury ini yang bisa menyimpan hingga dua wangi yang berbeda.

Fitur hiburan pun sangat lengkap. Anda akan dimanjakan dengan sistem hiburan dari generasi terbaru iDrive yang berpadu dengan layar sentuh berukuran 10,25 inci. Selain dioperasikan melalui layar sentuh dan juga iDrive Controller juga tersedia fitur gerakan tangan yang juga diadopsi dari Seri 7.

Interior BMW 530i Luxury
Interior lebih mewah Foto/Adji

Tersedia juga sistem audio Harman Kardon sebagai standar. Sayangnya fitur kamera 360 tidak tersedia di versi 530i Luxury ini, hanya tersedia kamera mundur saja.

Baca Juga: BMW M5 Kini Dengan Penggerak Empat Roda

Kelebihannya, 530i Luxury ini sudah dibekali dengan sistem parkir otomatis, sama seperti kompetitornya. Pengoperasiannya pun cukup mudah, mobil akan mendeteksi tersedianya ruang parkir ketika fitur ini dinyalakan. Jika sudah tersedia maka pengemudi tinggal memencet tombol “P” di konsol tengah dekat tuas transmisi. Dan mobil pun akan melakukan parkir secara otomatis. Lepaskan kaki dari pedal gas dan rem serta tangan dari lingkar kemudi, mobil akan parkir secara otomatis hingga mencapai posisi sempurna.

Kelebihan Seri 5 terbaru ini juga ada di baris kedua. Penumpang belakang mendapat ruang kaki yang lebih luas. Tak hanya itu, penumpang belakang pun dapat menikmati fitur hiburan berkat adanya layar monitor 10 inci dengan fitur TV, DVD Blue Ray dan navigasi seperti yang ada di Seri 7.

Active Airstream Grille

Dari sisi tampilan tidak ada yang berbeda dengan versi yang kami uji di Jepang. Tetap mengadopsi dari Seri 7 namun memiliki ciri khas yang lebih sporty. Bisa dilihat dari lampu depan dengan adaptive LED dirancang menyatu dengan double kidney grill, yang sudah dilengkapi active airstream seperti milik Seri 7. Ditambah dengan desain air curtain atau kisi-kisi pada bumper depan juga membantu meneruskan udara ke air breather. Hal ini menambah aerodinamika kendaraan, bahkan secara keseluruhan Seri 5 memiliki koefisien drag 0,22 yang merupakan angka terendah di segmen sedan premium.

Berkat penggunaan material alumunium dan baja berkekuatan tinggi, BMW Seri 5 ini berhasil diet dan mengalami penurunan bobot hingga 100 kg dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mungkin ini yang membuatnya bisa berakselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu hanya 6,2 detik saja.

Meski tidak memiliki fitur semi otonom yang dipastikan tidak akan berfungsi sempurna untuk infrastruktur jalan di Indonesia, tapi Seri 5 yang sudah dirakit lokal ini tetap menyuguhkan kenyamanan layaknya sebuah mobil premium.

All New BMW 530i Luxury

Harga Rp 1.149.000.000 (OFR)

Mesin Bensin 4- silinder 2.0 liter twinscroll turbo

Transmisi Otomatis 8-speed Steptronic

Tenaga 252 hp

Torsi 350 Nm

Akselerasi 0-100kpj 6,2 detik (klaim)

LEAVE A REPLY