Toyota Yaris dan Vios Baru Siap Hadir Tahun Depan

0
Toyota yaris
Wujud Toyota Yaris Facelift yang sudah meluncur di Thailand pada September lalu

ROCKOMOTIF, Jakarta – Toyota Yaris dipastikan akan mendapatkan penyegaran di tahun depan. Jadi selain CH-R hybrid yang sudah hampir pasti mengaspal tahun depan, Toyota setidaknya masih punya beberapa amunisi lagi untuk tahun depan.

Paling tidak Yaris dan Vios baru, karena keduanya ini memiliki platform yang sama. Yaris terbaru pun sudah diluncurkan di Thailand pada September 2017 lalu. Biasanya memang setelah Thailand maka Indonesia pun akan menyusul.

Saat dikonfirmasi kepada pihak yang memproduksi kedua model ini di Indonesia, Yaris dan Vios, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) pun tidak menampik namun tidak juga memberi kepastian.

Tapi dari sinyal dan bahasa tubuh Edward Otto Kanter, Vice President TMMIN, sepertinya Yaris dan Vios baru juga akan segera meluncur tahun depan.

Baca Juga: Ekspor Toyota Lampau Target Tahun Ini, Fortuner Nomor Satu

Edward juga tidak mau mengatakan kepastian Yaris baru ini akan hadir di Indonesia. “Toyota kan pasti kasih penyegaran setiap 3-4 tahun, jadi kalau sudah masuk waktunya pasti kita siap kasih barang yang baru dong,” ungkapnya di acara Toyota Year End Media Gathering di Jakarta (12/12).

toyota yaris

Mesin Tetap Sama

Saat ditanya apakah Yaris baru nanti akan menggunakan mesin 1.2 liter seperti Thailand, Edward menampik hal itu. “Itu kan insentif di Thailand saja, Indonesia tidak ada insentif itu. Lagipula orang Indonesia mah maunya mobil kencang,” jelasnya.

Kalau begitu, Yaris baru nanti masih akan mengusung mesin 2NR-FE berkapasitas 1.5 liter berteknologi Dual-VVTi. Tinggal menunggu apakah fitur-fiturnya sama seperti Yaris di Thailand atau tidak. Karena di Thailand, Yaris baru sudah dilengkapi dengan tujuh airbag. Yang jelas tampilan depan dan belakangnya jauh lebih segar dari yang sekarang.

Edward juga menambahkan jika Vios juga akan mendapat penyegaran, karena masih satu platform dengan Yaris. “Kan Yaris sama Vios itu satu platform, jadi ya kalau yang satu berubah masa yang satunya lagi nggak.”

Berarti siap-siap nih buat yang lagi mau ganti mobil baru, Toyota bakal punya banyak pilihan nih. Yang sudah duluan ada low SUV yang sekarang bertubuh layaknya MPV. Menyusul nanti ada hatchback, sedan sampai crossover SUV.

Berarti tinggal tunggu MPV “sejuta umat” yang kalau dari hitungan 3-4 tahun Toyota berarti tahun 2018 juga akan mendapat model baru. Paling tidak buat menahan laju Xpander yang makin kencang nih.

LEAVE A REPLY