China Hentikan Produksi 553 Mobil Yang Tidak Ramah Lingkungan

0
553 mobil
Ilustrasi pabrik perakitan mobil
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Beijing – Pemerintah China serius mengatasi masalah polusi udara di negaranya. Dengan mengambil tindakan tegas untuk segera menghentikan produksi dari 553 mobil yang tidak memenuhi standar emisi.

Penghentian produksi semua mobil ini efektif berlaku mulai 1 Januari 2018 mendatang. Seperti dilaporkan oleh Bloomberg yang dikutip oleh Carscoops, pemerintah China sudah mengeluarkan peringatan bagi pabrikan mobil. Dalam hal ini adalah Audi, Chevrolet, dan Mercedes-Benz, di mana semuanya adalah mobil berjenis sedan.

Sekretaris Jenderal dari China Passenger Car Assosiation mengatakan jika jumlah 553 mobil ini masih terbilang sedikit. Terutama jika dibandingkan dengan jumlah total mobil penumpang yang diproduksi di Negeri Tirai Bambu. Daftar ini dikumpulkan oleh China Vehicle Technology Center.

Baca Juga: Satu Lagi Mobil China Bikin Pabrik di Indonesia

Genjot Mobil Listrik

Menurut analis untuk China Merchants Securities, Wang Liusheng, hal ini adalah pertama kalinya China mengeluarkan pernyataan resmi mengenai mobil yang menyalahi aturan. “Pernyataan seperti ini pasti akan sering muncul di waktu mendatang. Saya percaya ini adalah suatu langkah penting untuk memastikan perkembangan industri yang lebih sehat dalam jangka panjang,” tutur Liusheng.

China adalah salah satu pasar terbesar bagi kendaraan listrik, dan negera ini telah berencana untuk melarang penjualan mobil bermesin bensin dan diesel. Namun rencana ini mendapat penolakan dari berbagai pihak, termasuk CEO General Motors (GM) Mary Barra.

Orang nomor satu di GM ini menyatakan “Kami berharap agar pemerintah China mau bekerjasama dengan kami dan juga bekerjasama dengan industri. Untuk memastikan kami juga tertarik dan memproduksi mobil listrik ketimbang menjadi sesuatu yang diharuskan.”

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY