Honda PCX Akan Gerus Yamaha NMax Dalam Empat Tahun

0
Honda PCX
Honda PCX siap menggempur Yamaha NMax di segmen skutik 150cc
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Honda PCX terbaru sudah meluncur guna menghadang laju kompetitornya, Yamaha NMax. Memang bisa dibilang Honda sudah tertinggal jauh dengan Yamaha untuk segmen skutik 150cc berbadan lebar ini.

Tapi kehadiran PCX baru yang sudah diproduksi lokal di Sunter ini, datang dengan banyak kelebihan yang tidak dimiliki lawannya. Memang, dulu Honda terlena dengan nama besarnya, sehingga PCX dianggap bukan segmen yang menggiurkan.

Karena Honda hanya mengimpor utuh (CBU) PCX dari Thailand dan Vietnam, di mana motor skutik ini lebih populer di sana. Harganya pun tidak terjangkau oleh pasar skutik. Sudah menyentuh angka di atas Rp 40 juta.

Baca Juga: Honda Rilis PCX Baru, Harga Mulai Rp 27 Juta 

Nmax facelift
Sosok Yamaha Nmax facelift

Yamaha Berjaya Dengan NMax

Namun segmen ini mendadak bergairah dan menimbulkan gejolak, ketika Yamaha menghadirkan NMax. Skutik bongsor berlambang garpu tala yang sudah diproduksi lokal. Tapi yang mencengangkan adalah harganya. Waktu pertama kali diluncurkan tipe standar harganya Rp23,5 juta dan tipe ABS Rp 27 juta.

Baca Juga: Yamaha Rilis NMax Baru, Ini Detail Apa Saja Ubahannya

Konsumen Indonesia pun langsung tertarik, melihat fitur dan harganya yang jauh lebih murah dari PCX CBU. NMax pun menjadi fenomena, Yamaha sempat dibuat pusing dengan inden yang mengular panjang.

Bahkan menjadi permainan bagi diler dan sales untuk menarik uang lebih ke konsumen. Begitu juga dengan konsumen yang mau membeli secara tunai, semakin dipersulit.

Tapi tetap saja NMax berjaya, Yamaha mengakui jika hingga November kemarin mereka sudah mengantongi angka penjualan sebesar 560 ribu unit NMax di seluruh Indonesia.

honda pcx
Honda membekali PCX terbaru ini dengan fitur yang komplit dan harga yang bersaing

Dua tahun lamanya Honda membiarkan Yamaha meraup pundi-pundi dari NMax. Tahun depan, hadirnya PCX baru yang sudah diproduksi lokal membuat NMax cemas. Karena harganya pun terjun bebas, PCX versi CBS hanya dibanderol Rp 27 juta dan versi ABS Rp 32 juta.

Harga ini hanya terpaut tipis dengan NMax Facelift yang baru meluncur beberapa hari sebelumnya. NMax standar kini dijual Rp 26,3 juta sementara versi ABS harganya Rp 30,2 juta.

PCX Baru Lebih Kaya Fitur

Bukan tidak mungkin para pemilik NMax yang sudah dua tahun ini akan beralih ke PCX. Mengingat skutik Honda ini lebih kaya fitur dari NMax. Contohnya semua lampu PCX sudah LED termasuk DRL, sementara NMax hanya lampu depan dan rem belakang saja tanpa DRL.

Kemudian PCX terbaru ini sudah tanpa anak kunci lagi, semuanya sudah keyless dan juga dibekali dengan alarm. Sementara NMax masih konvensional, kunci masih dicolok dan diputar.

Tampilan panel meter baik PCX dan NMax sudah full digital

PCX baru juga sudah memiliki power outlet untuk mengisi ulang baterai handphone, kalau NMax ya mesti beli sendiri secara terpisah. Tapi keduanya pun sudah mengadopsi panel meter digital.

PCX sudah keyless semetara NMax mengandalkan shock tabung

Selain itu, tapak ban PCX baru ini juga lebih lebar yaitu 100/80-14 untuk depan dan 120/70-14 untuk belakang. Sementara NMax menggunakan ukuran ban 90/80-13 depan dan 110/70-13 belakang.

Selebihnya tinggal soal selera, ada yang suka tampilan NMax karena lebih maskulin dan sporty, ada juga yang suka PCX karena lebih elegan. Semuanya subyektif, karena konsumen di segmen ini rata-rata sudah berpendidikan tinggi, sadar akan teknologi dan juga kritis terhadap pelayanan.

PCX menggunakan ban lebih lebar dengan ring 14" sementara NMax ring 13"
PCX menggunakan ban lebih lebar dengan ring 14″ sementara NMax ring 13″

Empat Tahun Sisa Waktu NMax

Dengan harga yang terpaut tipis saat ini, tentunya membuat Yamaha juga ketar-ketir. Apakah mereka masih bisa mempertahankan dominasi di segmen ini. Tahun ini saja NMax sudah membukukan angka penjualan yang fantastis 251.576 unit. Sementara, Honda PCX cuma 4.848 unit.

Pencapaian Yamaha tahun ini boleh melesat jauh meninggalkan Honda, tapi dalam waktu empat tahun bisa jadi PCX akan menggerus keperkasaan NMax.

Honda menargetkan PCX baru ini sebanyak 150 ribu unit per tahun. Meskipun baru akan diproduksi awal Januari mendatang dan mulai pengiriman di Februari, PCX bisa menggeser NMax.

Semua tinggal menunggu, karena waktu yang akan menjawabnya. Tapi analisa ROCKOMOTIF, dengan kelebihan PCX baru ini dibanding NMax bukanlah hal yang mustahil dalam empat tahun PCX akan menyalip pencapaian NMax. Atau paling tidak menyamai penjualan NMax.

Mari kita berhitung. Jika 150 ribu dikali 4 tahun, jumlahnya akan mencapai 600 ribu unit. Sedangkan NMax sampai saat ini tercatat 560 ribu unit. Artinya secara hitung-hitungan, besar kemungkinannya PCX bisa mengungguli NMax di tahun kelima.

Honda PCX
Honda PCX kini sudah diproduksi di Indonesia dan harganya turun jauh sehingga bersaing ketat dengan Yamaha NMax

Jika tidak mau dikalahkan, Yamaha diwajibkan bekerja esktra keras dengan memberikan inovasi-novasi baru pada NMax.

Tentunya Honda sudah belajar dari pengalaman Yamaha saat NMax mengalami antrian panjang. Jadi kita lihat dalam empat tahun mendatang seperti apa kondisinya.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY