Tips Merawat Mobil Saat Kondisi Cuaca Tak Bersahabat

1
tips merawat mobil
Biar mobil Anda awet saat kondisi cuaca tak menentu, silahkan simak tips berikut ini. (foto/shell)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Iklim di Indonesia khususnya di Jakarta kini sedang tak bisa ditebak, terkadang cuaca panas terik namun tak lama turun hujan deras. Kondisi seperti ini jika berlangsung terus menerus akan berakibat pada malasnya kita untuk melakukan perawatan pada kendaraan.

Karena merawat kendaraan di saat cuaca tak menentu seperti sekarang ini memerlukan kesabaran ekstra. Hujan dan panas yang datang silih berganti secara cepat ini pasti akan berakibat buruk pada kendaraan, terutama bagian eksteriornya. Oleh karena itu di saat seperti ini merawat dan menjaga kondisi kendaraan butuh tenaga lebih.

Bagian eksterior mobil yang terkena dampak langsung akibat buruknya cuaca adalah cat yang berguna untuk melindungi mobil dari karat. Sinar matahari dan hujan berdampak negatif terhadap cat mobil.

Terpaan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet dan air hujan yang mengandung zat asam akan merusak cat mobil. Apalagi jika terpaannya datang silih berganti.

Baca Juga: HR-V dan BR-V Bikin Honda Rajai Segmen LSUV di Tanah Air

Simak beberapa tips berikut agar mobil kesayangan Anda tetap selalu prima meskipun cuaca tak bersahabat.

1. Mobil yang tidak digunakan sebaiknya dimasukkan ke dalam garasi, dan jika terkena hujan segeralah bodinya diberihkan dan dikeringkan dari bekas-bekas air.

2. Agar cat mobil terhindar dari jamur, pemilik sebaiknya membersihkan kendaraan setiap hari. Siramlah bodi mobil dengan air untuk menghilangkan debu yang melekat. Hindari penggunaan lap kering yang dapat meyebabkan tergoresnya cat.

3. Gunakanlah lap berbahan halus untuk menghindari cat mobil tergores. Jangan terlalu sering menggunakan polishing material, karena akan menipiskan lapisan cat.

4. Sebaiknya memakai pelindung cat untuk menambah keindahan agar cat menjadi lebih mengkilat, tahan lama, tidak pudar, tidak timbul jamur dan terlindungi dari sinar ultraviolet. Bawalah mobil anda ke workshop profesional spesialis pelindung cat yang memiliki peralatan khusus dan dilakukan oleh tenaga ahli terlatih.

5. Di siang hari, hal mendasar yang perlu diperhatikan usai berkendara sebisa mungkin anda memilih parkir ditempat yang teduh atau beratap. Pahamilah terpaan sinar matahari yang berlangsung lama adalah faktor kolektif yang menyebabkan proses cepat rusaknya lapisan terluar cat kendaraan anda.

6. Saat suhu menurun di malam hari, disarankan agar menghindari kontak langsung antara kendaraan anda dengan embun yang dapat mempercepat timbulnya karat serta jamur pada cat serta kaca pada kendaraan anda.

7. Hujan kerap turun tiba-tiba, karenanya pastikan alat peyeka kaca bekerja dengan baik. Selain mengganggu pandangan pengemudi, rusaknya alat penyeka kaca dapat menyebabkan kaca mobil menjadi kotor dan buram.

8. Saat terkena banjir, sebaiknya bagian bawah mobil langsung dicuci/ siramlah dengan air bersih, lalu jemur. Jangan biarkan kotoran dan air mengendap yang akan mempermudah besi berkarat.

Semoga tips ini bisa membantu supaya kendaraan Anda jadi awet dan tahan lama ya!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY