Viar Motor Dan IPB Kembangkan Kendaraan Penumpang Listrik Roda Tiga

0
viar
Viar Karya bertenaga listrik, motor hasil kerjasama Viar dengan kampus IPB
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Bogor – PT Triangle Motorindo (Viar Motor) resmi berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Untuk mengembangkan kendaraan penumpang listrik roda tiga. Penandatangan nota kesepahaman kedua belah pihak dilakukan Kamis (14/12) lalu, di Gedung Andi Hakim Nasution IPB, Bogor, Jawa Barat.

Rektor IPB, Prof Dr Herry Suhardiyanto bersama Ignatius Kartiman, Presiden Direktur PT Triangle Motorindo, menandatangani kotrak kerja sama tersebut. Disaksikan juga oleh perwakilan Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Bogor, dosen dan Dekan IPB, berikut para mahasiswa.

Pengembangan kendaraan penumpang tersebut dipimpin Dr. Desrial selaku Direktur YARI-IPB. Yang akan melakukan riset dan pengembangan terhadap mesin bertenaga listrik ciptaannya.

Adapun sumber daya motor listrik yang kini dikembangkan berbasiskan spesifikasi motor niaga roda tiga, Viar Karya. Oleh Desrial, kendaraan tersebut diriset ulang untuk dijadikan sebagai kendaraan berkapasitas empat penumpang.

Total telah ada 5 unit kendaraan roda tiga yang akan dijadikan proyek uji coba sebagai kendaraan operasional di lingkungan kampus. Dan nantinya akan terus bertambah dengan target awal sebanyak 30 unit roda tiga.

Baca Juga: Cargloss ProRiders Berubah Menjadi Prime Gears

PLN Menyediakan SPLU di Kampus IPB

PLN, dalam hal ini akan mendukung kerja sama itu dengan membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di beberapa titik dalam area kampus IPB.

Herry memaparkan bahwa latar belakang pembuatan kendaraan roda tiga listrik ini berawal dari program IPB. Yang menargetkan pada 2020 di lingkungan kampus telah bebas dari kendaraan bermotor.

Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan program Green Transportation yang telah dicanangkan sejak 2015. Sebagai bentuk kontribusi mengurangi tingkat polusi akibat gas buang kendaraan.

“Sebagai langkah awal kami telah mengajak dosen maupun staf kampus menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional dalam area kampus. Sekaligus sebagai contoh bagi mahasiswa dan institusi pendidikan lainnya,” ujar Dr. Herry, dalam keterangan tertulisnya.

Di sisi lain, Kartiman mengatakan pihaknya sangat terbuka dengan kerja sama dalam bidang riset dan pengembangan bersama dengan berbagai institusi pendidikan dan institusi lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada IPB dan Dr. Desrial atas kerjasama yang telah terjalin bersama Viar Motor. Kami harap kerjasama ini dapat membangkitkan semangat Institusi Pendidikan untuk menghasilkan hasil karya terbaiknya untuk masyarakat Indonesia,” papar Kartiman.

Kartiman menambahkan mengenai perkembangan kendaraan listrik kedepannya, dirinya sangat mengharapkan bantuan dukungan dari berbagai pihak. Seperti Pemerintah Pusat, Kemenristek, dan juga Kementrian Perhubungan.

Karena PT Triangle Motorindo telah berkomitmen untuk berperan aktif mendukung program Pemerintah seperti yang tertuang dalam Perpres nomor 22 tahun 2017.

“Termasuk kendaraan roda tiga Penumpang Listrik ini. Kami sangat berharap kendaraan tersebut dapat diberikan ijin layak jalan untuk masyarakat umum. Tidak seperti sekarang (roda tiga konvensional) yang hanya diberikan ijin untuk kendaraan organda,” tutup Kartiman. (mth)

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY