Suzuki Ignis Tak Ada Lawan, Mampukah Datsun Cross Menjegalnya?

0
Ignis Sport Edition
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Suzuki Ignis seakan tak tergoyahkan di segmen city car sepanjang tahun 2017, padahal mobil kecil ini baru hadir di Indonesia pada Maret 2017. Melihat kesuksesan Ignis, tahun 2018 ini Datsun berusaha menjegalnya dengan menghadirkan Cross.

Jika melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Suzuki Ignis memang melenggang sendirian di segmennya. Sepanjang 2017, Ignis berhasil terjual sebanyak 14.157 unit, sementara kompetitornya hanya Honda Brio yang bukan Satya dan tidak masuk dalam LCGC. Brio ini berhasil terjual 10.580 unit dan di bawahnya Nissan March 1,2L yang mencapai angka penjualan 2.302 unit. Selebihnya jauh di bawah itu.

Total pasar city car sendiri pada 2017, tercatat 32.047 unit, melesat 43% dari tahun sebelumnya yang cuma 22.434 unit. Tentu saja, peranan Ignis cukup besar di segmen ini, karena pada 2016 belum dipasarkan. Ignis baru hadir di Indonesia pada Maret 2017 saat ajang IIMS 2017.

Baca Juga: Ini Detil Suzuki Ignis Sport Edition, Meluncur 26 Januari

Suzuki memang seakan jeli melihat peluang dengan Ignis, mengandalkan desainnya yang mungil tapi memiliki tongkrongan SUV, ground clearance tinggi dan tampilannya yang modern. Alhasil Ignis yang diimpor utuh dari India ini sukses menenggelamkan lawan-lawannya.

Di segmen city car ini, Ignis juga bertarung melawan Mitsubishi Mirage, Chevrolet Spark, Daihatsu Sirion. Dan juga rival asal Korea, Kia Picanto dan Hyundai i10. Yang mampu meraih penjualan di atas 1.000 unit hanya Daihatsu Sirion (1.790) dan Mitsubishi Mirage (1.674). Sisanya berkisar di angka ratusan saja.

Hadangan Datsun Cross 

Nah, di awal tahun 2018 ini Datsun berusaha menjegal Ignis. Dengan hadirnya Cross yang bukanlah LCGC berarti bisa mengincar pasar yang diisi Ignis dan kawan-kawannya ini. Datsun Cross memiliki keunggulan dengan kapasitas 5+2 yang berasal dari Go+.

Tapi Ignis juga tidak tinggal diam, sebelum Datsun meluncurkan Cross, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah memberikan bocoran kepada media nasional perihal varian baru Ignis. Ya, Ignis akan meluncurkan Sport Edition di penghujung Januari ini.

Baca Juga: Datsun ‘Pede’ Jual Datsun Cross Dengan Harga Mulai Rp 163 Juta

Tampaknya dari sisi fitur, Ignis SE ini akan memiliki harga paling mahal dari varian lainnya. Yang berarti harga ini bisa bersinggungan dengan harga Datsun Cross yang dijual Rp 163 juta (MT) dan Rp 175 juta (CVT). Harga Ignis sekarang ini mulai dari Rp 141 juta hingga Rp 171 juta.

Sementara dari sisi tampilan, Datsun Cross juga bergaya a la crossover. Lihat saja dari namanya, Cross. Ignis pun gayanya urban SUV menurut SIS. Sebagai pendatang baru, tentu Datsun Cross punya kelebihan dari sisi fitur. Ya karena tampangnya pun tak beda jauh dari Go+, kecuali dari depan. Tapi kalau masalah tampilannya sih subyektif, tergantung selera masing-masing orang.

Fitur vs Harga

Cross punya ground clearance 200 mm, sedangkan Ignis hanya 180 mm. Dari sisi performa sedikit mirip, keduanya mengusung mesin 1.2 liter. Bedanya Ignis 4-silinder sedangkan Datsun 3-silinder, tentu Anda tahu yang mana yang lebih halus kan?

Ignis pun memiliki tenaga 83 PS jauh di atas Cross yang hanya 68 PS. Tapi Corss versi CVT memiliki tenaga lebih besar yaitu 78 PS. Ya beda-beda tipis deh jadinya sama Ignis. Tapi di sini keunggulan Cross dengan CVT nya, soalnya Ignis hanya mengandalkan transmisi AGS atau Automated Gear Shift. Ya mirip sama transmisi manual tapi tanpa ada pedal kopling saja.

Bicara di dalam kabin, Ignis versi baru nanti juga sudah ada layar sentuh, sama seperti Cross. Hanya saja Ignis lebih unggul dari audio steering switch di kemudi dan juga pengaturan AC yang sudah otomatis. Kemudian ada juga tombo start/stop dan Keyless Entry. Datsun Cross tidak punya itu semua.

Tapi Cross punya keungggulan lain di sisi fitur yaitu VDC (vehicle dynamic control), yang mirip seperti fitur ESC kalau di mobil-mobil lain. Nah, Ignis tidak punya fitur ini.

Jadi kalau Anda punya uang sekitar Rp 160 sampai 180 juta, mobil kota mana yang akan Anda pilih? Mobil CBU India apa mobil LCGC? Eh Datsun tidak mau kalau Cross itu dibilang mobil murah deh. Kan harganya juga memang jadi makin mahal ya.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY