Toyota dan Mazda Bangun Pabrik Senilai US$ 1,6 Milyar di Alabama

0
Pabrik Toyota dan Mazda
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Alabama – Toyota dan Mazda tampaknya serius untuk menjalin kerjasama dalam jangka panjang. Hal ini terbukti dengan sudah matangnya rencana kedua pabrikan Jepang ini untuk membangun pabrik baru bersama.

Baik Toyota Motor Corporation dan Mazda Motor Corporation sepakat untuk memilih Huntsville, Alabama di Amerika. Nantinya pabrik ini akan mempekerjakan 4 ribu karyawan dan mampu memproduksi sekitar 300 ribu unit mobil per tahun.

Menurut Reuters, juru bicara kedua pabrikan ini enggan memberikan komentar mengenai adanya pemberian insentif dan subsidi pajak dari pembangunan pabrik bersama ini. Acara peresmian ini dihadiri oleh President dan CEO MMC Masamichi Kogai dan President TMC Akio Toyoda bersama Gubernur Alabama Kay Ivey dan Walikota Hunstville Tommy Battle.

Bagi Mazda, pabrik ini menandai tahun yang penting bagi pabrikan Jepang ini memasuki  abad keduanya di dunia dan juga 50 tahun berada di Amerika. Mazda juga terus berkomitmen untuk pasar Amerika dalam hal produksi dan juga penjualan.

Baca Juga: Harga Resmi Toyota Rush Menjadi Kejutan Awal Tahun

Kerjasama Untuk Mobil Listrik

Alabama menjadi lokasi yang tepat karena Toyota sudah memiliki pabrik mesin di sana, tentu juga dengan jaringan suplier yang sudah tersedia. Baik Toyota dan Mazda memang sudah memperkecil pilihan lokasi pabrik dalam beberapa bulan terakhir ini. Menjadi tinggal dua saja, di Alabama dan North Carolina.

Toyota memang berencana memproduksi model Corolla di pabrik ini, tidak jadi di Meksiko. Sementara Mazda akan memproduksi SUV baru di sana. Kemungkinan adalah generasi baru crossover CX-7, ketika pabrik ini sudah siap beroperasi di tahun 2021 nanti.

Toyota saat ini memiliki 10 pabrik di Amerika dan mengumumkan kerjasama dengan Mazda pada Agustus tahun lalu. Pabrik ini pun menjadi pabrik ke 11 Toyota di Amerika. Dan sebagai bagian dari investasi US$ 10 milyar dalam 5 tahun ke depan. Baik Toyota dan Mazda ingin mengembangkan teknologi serta fitur dalam memproduksi mobil listrik.

Apakah pabrik ini menjadi alasan Toyota ketika Trump akan memberikan pajak masuk besar jika Toyota ingin memproduksi Corolla di Meksiko dan menjualnya di Amerika?

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY