Yamaha Lexi Usung Banyak Fitur Canggih, Cocok Untuk Ojek Online

0
yamaha kexi
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Yamaha baru saja meluncurkan skutik terbarunya, Yamaha Lexi di Jakarta (26/1). PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun menghadirkan duo pembalap MotoGP dari tim Movistar, Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang langsung menunggangi Yamaha Lexi ke atas panggung acara.

Dari data dan spesifikasinya, tampaknya memang Yamaha mengincar segmen milik Honda Vario 125. Adik dari Yamaha NMax ini memang dikembangkan untuk menjadi pelengkap keluarga Maxi Yamaha.

Oleh karena itu, Yamaha Lexi mengusung mesin 125cc yang menggunakan basis dari Yamaha NMax dan juga Aerox. Meski kapasitasnya lebih kecil, tapi YIMM mengklaim jika performanya serupa dengan NMax.

Baca Juga: Yamaha Rilis NMax Baru, Ini Detail Apa Saja Ubahannya

Menurut Yamaha, Lexi ini diperuntukan bagi konsumen yang menginginkan skutik Maxi dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Fitur Canggih

Yamaha Lexi hadir dalam dua varian, yakni Lexi dan Lexi-S sebagai varian tertingginya. Untuk tipe S, Yamaha sudah membekali Lexi dengan lampu LED dan juga speedometer digital, sama seperti kakaknya NMax.

Begitu juga dengan shockbreaker yang sudah berteknologi tabung sehingga diklaim lebih nyaman di berbagai kondisi jalan. Dan juga keyless (smart key) yang membuat motor ini semakin aman.

Sementara untuk tipe standar tidak ada fitur di atas. Namun, Yamaha juga merancang Lexi dengan sederet keunggulan dari rivalnya. Seperti dek depan yang mampu memuat galon air mineral. Kemudian ada juga power outlet untuk mengisi ulang handphone.

Cocok Untuk Ojek Online

Bahkan menurut Presiden Direktur YIMM, Minoru Morimoto Yamaha Lexi ini sangat cocok untuk digunakan oleh ojek online. “Banyak fitur-fitur yang berguna untuk ojek online. Bagasi luas sekali, kiri-kanan bisa buat belanja. Untuk posisi riding juga punya seat yang lebih panjang,” ungkap Minoru seperti dilansir dari Liputan6.com.

Dimensi jok yang lebar juga membuat penumpang di belakang, terutama wanita menjadi lebih lega dan nyaman. “Jadi biasanya penumpang wanita itu duduknya jadi ada jarak. Ini cocok,” tambahnya.

Baca Juga: Review KYB Zeto Tabung Di Yamaha NMax, Pas Buat Touring

Untuk mesin pun Lexi sudah berteknologi Bluecore dengan VVA (Variable Valve Actuation). Berkapasitas 125cc Liquid Cooled 4-tak yang menghasilkan tenaga mencapai 11,7 hp dan torsi 11,3 Nm. Mesin ini sama seperti milik Aerox 125 yang hanya untuk pasar eskpor.

Yamaha Lexi ini rencananya akan di produksi di pabrik Yamaha di Indonesia mulai April 2018 mendatang. Hanya saja perusahaan dengan logo garpu tala ini, belum mengeluarkan harga resmi untuk Lexi.

Mereka hanya menyebutkan harganya akan di bawah Rp 20 juta. Paling tidak harganya bersaing dengan Honda Vario 125, atau bahkan lebih murah seperti saat Yamaha meluncurkan NMax untuk melawan PCX.

Gimana, tertarik untuk narik ojek online pakai Yamaha Lexi?

Spesifikasi Lengkap Yamaha Lexi

Mesin
Tipe Mesin Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
Susunan Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 52 x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 11.2±0.4
Volume Silinder 124.7 cc
Daya Maksimum 11.7 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 11.3 Nm / 7000 rpm
Sistem Starter Electric starter
Sistem Pelumasan Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin Total = 1.00 L ; Berkala = 0.90 L
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling Dry, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt automatic
Dimensi
P X L X T 1970 mm x 720 mm x 1135 mm
Jarak Sumbu Roda 1350 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 133 mm
Tinggi Tempat Duduk 785 mm
Berat Isi 113 kg
Kapasitas Tanki Bensin 4,2 L
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Telescopic Fork
Tipe Suspensi Belakang Unit Swing
Tipe Ban Tubeless
Ban Depan 90/90-14M/C 46P
Ban Belakang 100/90-14M/C 57P
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Kelistrikan
Sistem Pengapian TCI
Tipe Battery YTZ7V
Tipe Busi CPR8EA-9 / U24EPR-9
SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY