Hati-Hati, Impor Mobil Dari Jepang Ternyata Membawa Kutu Busuk!

0
impor mobil
Suasana mobil di pelabuhan (foto/carmudi)
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, New Zealand – Hati-hati dalam membeli barang impor! Mungkin ini perlu diperhatikan oleh bangsa Indonesia juga yang banyak impor barang dari Jepang.

Karena baru saja terjadi di New Zealand, impor mobil dari Jepang harus dihentikan akibat adanya kuman atau kutu busuk di dalamnya. Pemerintah New Zealand mengatakan jika kutu busuk ini sedang dalam investigasi.

Menurut laporan dari CNN kutu busuk ini berpotensi merusak pertanian di New Zealand. Karena kutu-kutu ini dapat bereproduksi dengan cepat dan memakan berbagai tanaman serta tahan terhadap pestisida. Inilah yang coba dilindungi oleh pemerintah New Zealand.

Baca Juga: Sirkuit Legendaris Nurburgring Akan Pindah Ke Jepang

Menurut CEO dari New Zealand Imported Motor Vehicle Industry Association, David Vinsen, ada tiga kapal yang mengangkut lebih dari 10 ribu mobil baru dan bekas.

“Ini pertama kalinya terjadi dalam 15 tahun karir saya. Saya belum pernah melihat yang begitu serius seperti ini,” ujarnya.

Masih Ada 8 Ribu Lagi

Selain mobil-mobil yang menunggu untuk diturunkan di New Zealand itu, masih ada 8 ribu mobil lagi yang siap dikirim dari Jepang.

Akibat insiden ini, para pekerja yang membantu memproses mobil-mobil ini di pelabuhan terpaksa dirumahkan. Menurut Vinsen para pekerja ini bisa libur hingga berminggu-minggu.

Pemerintah New Zealand pun membuat aturan baru, agar peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi. Peraturan baru ini akan memaksa kendaraan bekas dari Jepang untuk dibersihkan dan diinspeksi di sebuah fasilitas di Jepang sebelum akhirnya dikapalkan.

Segitu ketatnya di New Zealand ya? Apa kabar di Indonesia nih, padahal banyak barang bekas yang diimpor ke sini. Coba aja datang ke pasar Senen tuh, banyak baju-baju bekas yang tidak jelas asalnya dari mana.

Hati-hati ya kalau beli barang impor apalagi bekas. Jangan sampai digigit kutu busuk!

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY