Mobil “Tidak” Murah Datsun Cross Akan Mulai Dikirim Maret

0
mobil tidak murah datsun

ROCKOMOTIF, Purwakarta – Datsun sebagai produsen mobil murah (LCGC) di Indonesia, sudah menghadirkan model baru yang “tidak” murah lagi, Datsun Cross. Hanya dalam hitungan kurang dari 2 minggu sejak diperkenalkan ke publik, Datsun Indonesia resmi memulai produksi pertama model terbarunya ini, Rabu (31/1).

Produksinya sendiri dilakukan di pabrik Nissan Motor Indonesia (NMI) di Purwakarta, Jawa Barat. Hadirnya Cross dengan label tidak murahnya itu dan sudah mulai diproduksi, berarti membuka lembaran baru bagi Datsun di Indonesia.

Karena di pabrik seluas 35 hektar ini juga diproduksi “mobil murah” Datsun GO+ dan GO Panca, serta sejumlah model Nissan lainnya yang dipasarkan di Indonesia.

Baca Juga: Datsun ‘Pede’ Jual Datsun Cross Dengan Harga Mulai Rp 163 Juta

Setelah itu proses pengiriman ke konsumen akan dimulai pada bulan Maret mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Eiichi Koito, Presiden Direktur NMI yang mengatakan bahwa Cross mulai memasuki jalur produksi dengan pengiriman pertama dilakukan pada bulan Maret mendatang.

“Dengan dimulainya produksi Datsun Cross merupakan momen penting bagi kami. Karena menjadi tonggak sejarah untuk Datsun khususnya di Indonesia,” tutur Eiichi, dalam keterangan tertulisnya.

Jumlah Produksi Rahasia

Pada pabrik dengan sistem Nissan Production Way yang global, produksi Cross bakal dilakoni oleh 2.400 karyawan. Cross sendiri juga merupakan model ke-6 Datsun di dunia.

“Saya mengapresiasi hasil kerja keras ribuan karyawan di pabrik ini dan juga di jaringan pemasok kami, sehingga Datsun CROSS bisa mulai diproduksi”, ujar Fumitoshi Yoshikawa, Vice President Manufacturing, PT NMI.

Sayangnya, Datsun Indonesia (lagi-lagi) enggan untuk buka suara terkait jumlah produksi Cross. Mereka berdalih kalau Cross akan ditargetkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Mungkin mereka takut memberikan angka target yang jauh dari harapan.

Baca Juga: Mau Beli Datsun Cross? Simak Dulu Skema Kreditnya

“Cross kami produksi di Indonesia. NMI sendiri juga punya beberapa kapasitas pabrik. Maaf, kami tidak bisa share (jumlah produksi), tapi kami targetkan untuk bisa mencukupi permintaan pasar,” ucap Masato Nakamura, Head of Datsun Indonesia, saat peluncuran Cross di Jakarta, 18 Januari lalu.

Namun, Masato mengaku ‘pede’ bahwa Cross mampu berkontribusi besar pada penjualan Datsun di Indonesia. Terlebih dengan seluruh ‘amunisi’ yang disusupkannya.

Datsun telah membuka pemesanan Cross sejak mobil ini resmi mengaspal. Banderol yang ditawarkan yaitu Rp 163 juta untuk tipe transmisi manual dan Rp 175 juta untuk tipe CVT.

LEAVE A REPLY