Toyota Yaris Baru Bisa Ancam Keangkuhan Honda Jazz

0
toyota yaris
Toyota Yaris baru kini memiliki fitur yang lengkap
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kehadiran Toyota Yaris terbaru tidak bisa dianggap remeh. Karena dengan berbagai fitur yang tersemat di tubuhnya, Yaris baru ini bisa mengancam tahta Honda Jazz di segmen hatchback.

Memang apa saja fitur-fitur yang ada di Toyota Yaris baru ini sehingga bisa berpeluang menggusur Jazz? Honda memang sudah lama menguasai segmen hatchback di Indonesia dengan berbagai keunggulan Jazz.

Soal tampilan memang berbeda sesuai selera masing-masing individu. Nah, Yaris baru ini sekarang mendapat ubahan signifikan di eksteriornya.

Jika tidak mau dibilang tampangnya seperti Joker berkat aksen pada garnish foglamp, Yaris baru ini lebih maskulin dan sporty. Bumper depannya didominasi oleh grill besar berwarna hitam.

Baca Juga: Apa Kata Komunitas Tentang Toyota Yaris Baru

Sayangnya lampu depan Yaris yang TRD Sportivo belum LED hanya mengandalkan proyektor. Hanya DRL yang sudah LED. Sementara Honda Jazz untuk tipe RS sudah full LED lengkap dengan DRL nya. Tapi lampu belakangnya sudah dibekali dengan LED, begitu juga dengan Jazz baru.

Paddle Shift vs Cruise Control

Masuk ke dalam kabin, Jazz tadinya unggul berkat kelengkapan fitur di dalam kabinnya. Tapi sekarang hampir semua fitur itu sudah tersedia di Yaris baru.

Contohnya paddle shift yang sekarang tersedia di Yaris baru, padahal di Honda Jazz sudah lama ada. Kemudian Yaris memiliki mode berkendara, Eco dan Sport. Sementara Jazz hanya ada mode Eco saja.

Tentu dengan adanya mode Sport harusnya bisa memberikan rasa berkendara yang lebih sporty. Tapi untuk itu tentu harus mencobanya sendiri.

Fitur hiburan bisa dibilang memiliki kelengkapan yang sama. Layar sentuh Yaris memiliki kemampuan mirroring dan juga internet. Sementara pada Jazz tidak bisa mirroring dan juga internet.

Satu yang tidak dimiliki oleh Yaris adalah fitur cruise control. Hanya saja Yaris membalasnya dengan adanya 7 airbag di dalam kabinnya. Sementara Jazz hanya ada dua buah saja.

Untuk urusan mesin, keduanya memiliki spesifikasi yang juga mirip-mirip. Sama-sama menggendong mesin 1.5 liter, Yaris memiliki tenaga maksimal 107 ps sementara Jazz unggul dengan 120 ps. Keduanya sama-sama sudah menggendong transmisi CVT.

Fitur Keselamatan Yaris Unggul Jauh

Kemudian urusan fitur keselamatan, Yaris baru ini sangat lengkap. Mulai dari vehicle stability control (VSC), hill start assist (HSA), emergency brake signal, kemudian ditambah ABS, EBD, dan BA.

Jazz sedikit tertingga karena tidak memiliki VSC, HSA dan juga emergency brake signal. Hanya mengandalkan ABS, EBD dan BA saja.

Terakhir adalah soal harga, Yaris baru ini dengan segenap fitur baru yang lebih canggih hanya naik Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta dari yang lama.

Baca Juga: Honda Recall Hampir 500 Ribu Mobilio, Brio, Jazz, HR-V, Dan BR-V

Meski begitu banderol harganya sedikit lebih maha ldari Jazz. Untuk tipe tertinggi Yaris TRD Sportivo CVT harganya mencapai RP 275,9 juta. Lebih mahal Rp 1,9 juta dari Jazz RS CVT yang dibanderol Rp 274 juta.

Sekarang dengan selisih harga Rp 1,9 juta Anda lebih memilih Yaris TRD Sportivo baru ini atau Honda Jazz RS? Ya tergantung kebutuhan juga sebenarnya.

Tapi jika Anda sangat peduli dengan keselamatan pasti susah untuk menolak Yaris baru ini. Jadi banyaknya fitur baru di Yaris ini sudah tentu akan membuat Honda Jazz cukup terguncang. Jika tidak sampai tergusur, paling tidak cukup mmebuat panik.

Kita lihat saja apakah penjualan Jazz di bulan-bulan mendatang masih membuatnya menjadi pemimpin, yang Januari kemarin masih di atas seribu unit per bulan.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY