Mazda3 Dibekali Mesin Baru, Interiornya Juga Makin Canggih

0
Mazda3
Meter cluster Mazda3 baru nanti sudah mengadopsi teknologi diigital (foto/Autoblog)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mazda tampaknya sudah pasti menghadirkan Mazda3 generasi terbarunya. Dari kabar yang beredar jika Mazda3 baru ini akan dibekali dengan mesin Skyactiv baru yaitu Skyactiv-X dengan teknologi Spark Controlled Compression Ignition (SPCCI).

Tapi tidak hanya mesin saja yang baru, interior dari Mazda3 terbaru nanti juga jadi lebih canggih. Bisa dilihat dari bocornya foto-foto yang diunggah oleh website China yang dilansir oleh Autoblog. Paling tidak meter clusternya sudah digital, biar kekinian.

Jika melihat detil fotonya, panel meter cluster benar-benar baru yang sudah full digital. Ada tiga pilihan yang berbeda dari meter cluster ini, pertama speedometer di tengah dengan lingkaran tachometer biru dengan indikator gear dan suhu mesin di sebelah kiri. Kemudian MID di sebelah kanan lengkap dengan yang sepertinya adalah jam.

Satu lingkaran besar di tengah seperti Mazda3 yang lama

Konfigurasi kedua memisahkan tachometer di kiri dengan speedometer di kanan. Di tengah-tengah sepertinya tampilan untuk cruise control otomatis atau adaptive cruise control. Info jarak tempuh ada di bawahnya, sementara indikator bahan bakar, temperatur dan gear terletak sejajar di bagian atas. Ada bagian yang kosong di sebelahnya sepertinya untuk indikator lampu sein.

Baca Juga: Pertama Kali Dalam Sejarah, Xpander Kuasai Pasar Mobil Sejuta Umat

Semua yang tampak pada foto-foto ini sepertinya memang milik Mazda3 yang sekarang, hanya saja sudah menggunakan teknologi digital. Bagian pada setir sampai ke tombol-tombol di setir pun masih sama seperti Mazda3 yang lama.

Bisa diganti jadi ada dua tachometer dan speedometer terpisah

Mesin Skyactiv-X

Mazda3 baru nanti memang sudah dipastikan akan menggendong mesin baru Skyactiv-X. Mesin berkapasitas 2.0 liter SPCCI Syactiv-X ini diklaim akan menghasilkan torsi lebih besar sekitar 10 sampai 30 persen dari mesin yang lama.

Urusan efisiensi bahan bakar juga lebih irit 25 persen dari mesin 2.0 liter SKyactiv-G yang sekarang beredar ini. Untuk masalah pengendalian pun, filosofi Jinbai-Ittai atau mobil dan pengendaranya menjadi satu kesatuan masih akan dipertahankan.

Insinyur Mazda menyempurnakan hampir semua mulai dari kekerasan sidewall ban hingga ke masalah elemen multi-contoured torsion. Begitu juga untuk posisi dan bentuk dari jok.

Hatchback baru ini nantinya akan lebih kaku sekitar 30 persen dan menggunakan bahan ‘matrix resin’ yang diaplikasikan ke 16 bagian bodi untuk menyerap getaran dan melepaskannya sebagai hawa panas.

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kekakuan statis antara pengemudi dengan jalan. Sehingga dapat memberikan pengendara posisi duduk yang lebih alami dalam merespon input mobil.

Selain itu, tampilan baru meter cluster digital ini juga dapat menambah kenikmatan tersendiri bagi pengemudi saat berkendara.

Kira-kira Mazda3 baru ini kapan diluncurinnya ya? Dan kapan masuk ke Indonesia. Lebih penasaran sama mesin Skyactiv-X yang baru sih!

LEAVE A REPLY