Avanza X Hadir Di Malaysia, Antisipasi Hadirnya Xpander?

0
toyota avanza x
Toyota Malaysia ambil langkah antisipasi dengan meluncurkan Avanza X (foto/Paultan)
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Kuala Lumpur – UMW Toyota Motor selaku ‘APM’ Toyota di Malaysia, sudah meluncurkan varian baru Avanza dengan tampilan lebih gagah.

Seperti dilaporkan laman Paultan.org, tampilan layaknya SUV disuguhkan pada Avanza 1.5X sebagai varian tertinggi di Negeri Jiran tersebut. Ditempelkannya huruf ‘X’ kami yakini sebagai imbuhan kata crossover, guna memperkuat kesan kokoh SUV pada mobil ini.

Dari foto-foto yang dilansir sangat jelas UMW Toyota Motor coba bermain karakter yang menonjolkan aura SUV-nya. Tengok saja permainan body kit yang disematkan di sekujur tubuh Avanza X ini. Elemen berkelir hitam pun dipasangkan mulai dari bagian depan, samping hingga di buritan. Termasuk pada rumah roda.

Detailnya, bumper depan dirancang didesain unik namun tangguh dengan pemasangan skidplate. Kisi-kisi gril dan juga rumah fog lamp pun berwarna hitam. Balutan hitam juga hadir di fender flare, side skirt, side moulding pada pintu, sampai bumper belakang.

Bagian belakang pun mendapat sentuhan plastik hitam (foto/Paultan)

Penambah aura SUV makin lengkap dengan dipasangkannya roof rail, velg berdesain baru berukuran 16 inci, plus efek floating roof berwarna hitam pun dimunculkan pada pilar D.

Avanza 1.5X ini dilepas dengan harga RM 82.700, atau setara dengan Rp 290,828 juta. Bila merunut harganya Di Indonesia, posisi Avanza X berada di antara Veloz 1.5 MT dan Veloz 1.5 AT.

Antisipasi Hadirnya Xpander

Langkah yang dilakukan oleh Toyota Malaysia ini sepertinya untuk mengantisipasi kehadiran Xpander di Negeri Jiran tersebut. Pasalnya Xpander sudah pasti akan dieskpor ke beberapa negara tetangga, tapi Malaysia belum pasti kapan karena prioritasnya adalah Filipina dan Thailand.

Sejatinya, UMW Toyota Motor menghadirkan varian ini guna bertatap langsung dengan Honda BR-V. Namun bisa jadi kemunculannya sebagai langkah persiapan menghadapi Xpander yang di ekspor dari pabrik Mitsubishi di Cikarang.

Sebelum Xpander lalu lalang di Malaysia, maka UMW Toyota Motor pun mengakali Avanza dengan segala kehebohannya. Karena rumus jitu Xpander memadukan elegannya sebuah MPV pada kabin, dengan ketangguhan dan gagahnya tampilan SUV di sektor eksteriornya cukup berhasil membius konsumen di Indonesia.

Baca Juga: Pertama Kali Dalam Sejarah, Xpander Kuasai Pasar Mobil Sejuta Umat

Di Indonesia, bahkan Xpander sudah berhasil merebut titel pemuncak tertinggi segmen low MPV pada bulan Februari kemarin. Pencapaian ini usai melunturkan kepiawaian ‘raja di raja’ mobil sejuta umat, Toyota Avanza, setelah selama kurun waktu 14 tahun terus bercokol di tangga teratas.

Pepatah sedia payung sebelum hujan memang telah dilakukan UMW Toyota Motor, meski kehadiran Xpander di Malaysia belum terjadwalkan pasti oleh Mitsubishi. Yang pasti negara-negara di kawasan ASEAN telah diprioritaskan sebagai tujuan ekspor.

Pertanyaannya sekarang, jika Xpander sudah hadir di Malaysia apakah Avanza di sana bakal bernasib sama dengan di Indonesia?

Menarik juga jika langkah yang sebaliknya dilakukan oleh Toyota Indonesia. Jika Toyota Malaysia menghadirkan Avanza X untuk antisipasi, tapi di Indonesia akankah Avanza Veloz Tigre hadir untuk membalas Xpander.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY