Idle Up Xpander Tidak Merusak Mesin, Jika Tidak Nyaman Bisa Ke Diler

0
idle up xpander
Mitsubishi Xpander mendaki Tol Semarang - Salatiga
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jogja – Mitsubishi Xpander mendapat keluhan dari konsumennya soal masalah pada “idle up”. Rata-rata konsumen Xpander ini mengatakan jika putaran mesin Xpander bermasalah saat AC menyala.

Lalu apakah pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan me-recall MPV baru pendulang pundi Mitsubishi? Menurut Intan Vidiasari, Head of PR & CSR Dept. PT MMKSI pihaknya belum mendapat komplain resmi dari konsumen, dan memang MMKSI sudah melaporkan ke Mitsubishi Jepang (MMC) tentang persoalan ini.

“Sejauh ini memang belum ada komplain resmi dari konsumen ke MMKSI. Tapi kita sudah kirim laporan tentang ini ke MMC, dan menurut MMC masalah ini hanya isu pada software saja,” ujarnya saat Xpander Media Drive di Jogja (6/3).

Baca Juga: Xpander Selangkah Lagi Salip Avanza, Wuling di Paling Dasar

Nantinya menurut Intan pihak MMC akan memberikan update software dan akan segera dibagikan ke diler-diler Mitsubishi. “Mulai kuartal dua nanti akan dikirim secara bertahap ke diler. Jika ada konsumen yang merasa tidak nyaman bisa datang ke diler dan kami akan update software,” tambahnya.

Tidak Sampai Merusak Mesin

Keluhan mengenai masalah idle up atau putaran mesin ini memang ramai di sosial media. Rata-rata konsumen mengeluhkan jika putaran mesin Xpander bisa tiba-tiba naik sendiri ketika AC menyala.

Menurut Rifat Sungkar, Duta Produk Mitsubishi di Indonesia hal ini tidak terlalu mengkhawatirkan karena tidak berpotensi untuk merusak mesin.

Pria yang juga berprofesi sebagai pereli ini mengatakan ia memiliki empat unit Xpander dan tidak semuanya bermasalah.

“Memang ada satu yang memiliki keluhan sama, waktu saya coba RPM-nya naik tapi hanya sekejap saja. Tidak sampai yang berkali-kali atau membuat mobil sampai melaju terus karena RPM nya naik terus,” ungkapnya di tempat yang sama.

Baca Juga: Lexus Tambah SUV Premium Baru RX 350L, Rival Baru Mercy GLE Dan BMW X5

Rifat juga mengatakan jika hal ini tidak terlalu mengganggu karena hanya sesekali saja, hanya terkait dengan kalibrasi. Secara fungsi mobil tidak ada masalah sama sekali.

“Di Indonesia kan konsumen sering menggunakan AC dan mobil disesuaikan produsen untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ketika kompresor menyalan untuk menjaga kabin agar tetap dingin, putaran mesin akan tetap tinggi saat mobil diam,” tutupnya.

Nah, buat pemilik Xpander yang tidak nyaman siap-siap datang ke diler ya.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY