Mobil Otonomos Uber Tabrak Pesepeda Hingga Meninggal Dunia

0
Mobil otonomos Uber
Mobil otonomos Volvo XC90 milik Uber terlibat insiden kecelakaan

ROCKOMOTIF, Arizona – Perusahaan ride sharing, Uber memang diketahui sedang getol menguji mobil-mobil otonomos mereka. Namun kali ini salah satu mobil nirsopir milik Uber mengalami insiden yang melibatkan seorang pesepeda.

Kecelakaan ini terjadi di Tempe, Arizona antara seorang wanita yang menaiki sepedanya dengan mobil Volvo XC90 milik Uber. Insiden ini terjadi pada hari Senin pagi (19/3) waktu setempat.

Saat ini pihak kepolisian masih melakukan investigasi terhadap insiden ini. Menurut statiun televisi ABC15 yang dilansir oleh Carscoops mengatakan jika sang korban tengah menyebrang jalan dan tertabrak oleh mobil Uber ini.

Baca Juga: Seperti Ini Rasanya Menguji Mobil Otonom Di Jalan Raya

Korban sempat dibawa ke rumah sakit terdekat namun sayang nyawanya tidak tertolong lagi. Detil mengenai insiden ini tidak banyak, tapi Kepolisian Tempe mengkonfirmasi jika benar mobil ini sedang dalam mode self-drive saat kejadian dan ada pengemudi cadangan dibalik kemudinya.

Menyeberang di Tempatnya

Insiden yang tragis ini kembali mencoreng pengujian mobil nirsopir yang sedang banyak dilakukan. Tidak hanya oleh Uber sebagai perusahaan ride sharing saja, tapi juga oleh para manufaktur mobil dunia lainnya.

Menurut laporan kejadian kali ini terjadi karena sang korban tidak menyeberang di zebra cross. Saat kejadian ada kemungkinan jika sang pengemudi cadangan di mobil tidak melihat ada orang menyeberang dan juga tidak mengantisipasi kalau akan ada orang menyeberang yang bukan di tempatnya.

Jika memang ada pejalan kaki yang menyeberang di tempat yang semestinya, seharusnya mobil nirsopir ini akan berhenti otomatis.

Pihak Uber sendiri menyatakan berduka dengan kejadian ini dan akan bekerjasama dengan pihak kepolisian Tempe hingga tuntas.

Baca Juga: Nissan Siapkan Leaf SUV, Mobil Listrik Berteknologi Otonomos

Juru bicara Uber mengatakan kepada Wall Street Journal jika mereka “menarik sementara semua mobil self-driving dari pengujian di jalan raya yang berlokasi di Tempe, San Fransisco, Pittsburgh, dan Toronto.”

Ini memang bukan kecelakaan pertama kali yang melibatkan Uber dengan mobil otonomosnya. Tapi tentu Uber akan meningkatkan protokol keselamatan dan juga teknologi otonomos mereka.

Insiden ini juga membuat pemerintah Arizona lebih fokus pada mobil otonomos karena mereka telah mengijinkan perusahaan ride sharing Waymo beroperasi dengan mobil otonomosnya tanpa pengemudi cadangan.

LEAVE A REPLY