Pertama Kali Dalam Sejarah, Xpander Kuasai Pasar Mobil Sejuta Umat

0
xpander kuasai pasar moibl sejuta umat
Xpander mampu menumbangkan Avanza dari posisi puncak mobil sejuta umat
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Selama 14 tahun terakhir, predikat mobil sejuta umat tak pernah lepas dari Toyota Avanza. Sekarang roda Avanza pun berputar, kehadiran Mitsubishi Xpander membuat roda Avanza berada di bawah MPV baru Tiga Berlian ini.

Setelah bulan Januari lalu, data penjualan wholesale (pabrik ke diler) Toyota Avanza memang tinggal sedikit lagi disalip oleh Xpander. Saat itu, Toyota berhasil mengirim Avanza sebanyak 7.543 unit. Sementara Mitsubishi di posisi kedua mengirim 7.079 unit Xpander ke diler.

Puncaknya bulan Februari kemarin, Xpander berhasil memaksa Avanza bertekuk lutut. Seperti dilansir oleh CNN Indonesia, Xpander berhasil meraih angka wholesale sebesar 7.400 unit, sedangkan Avanza cuma 6.773 unit. Kesuksesan Xpander ini hanya berselang 6 bulan sejak peluncuran perdana di dunia pada Agustus 2017 silam.

Baca Juga: Kelebihan Ini Yang Membuat Xpander Ungguli Semua Kompetitornya

“Xpander secara ukuran lebih besar untuk segmen small MPV. Lalu Xpander juga membuat cross segmen, baik ke atas atau ke bawah sehingga penjualannya baik,” ujar Osamu Iwaba Director Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada saat acara Xpander Media Drive di Jogja (7/3).

kelebihan Mitsubishi Xpander
Xpander saat diajak mendaki ke Gunung Merapi

Xpander Ultimate Masih Paling Laris

Dari sisi penjualan, menurut MMKSI dari total semua penjualan Xpander ini lebih dari setengah pembelinya adalah konsumen baru Mitsubishi. Artinya Xpander membuat konsumen yang tadinya loyal terhadap merek lain menjadi berpaling ke Mitsubishi.

“Lebih dari 60 persen konsumen Xpander itu konsumen baru yang sebelumnya belum pernah menggunakan mobil Mitsubishi. Tapi mereka tertarik untuk membeli Xpander,” ungkap Budi Dermawan Daulay, Head of Sales & Marketing Region 1 Dept. PT MMKSI di tempat yang sama.

Baca Juga: Nissan Belum Mati! Luncurkan Grand Livina Special Version

Budi juga menambahkan jika penjualan Xpander masih tetap didominasi oleh tipe tertinggi, Ultimate. Hingga Februari kemarin MMKSI sudah mendapat pesanan Xpander lebih dari 55 ribu unit.

“Terakhir itu sudah lebih dari 55 ribu SPK, dan kita sudah lakukan pengiriman ke konsumen sebanyak 27 ribu unit. Mayoritas masih tipe Ultimate, tapi tren di 2018 ada beberapa tipe yang mengalami kenaikan seperti Exceed MT,” tutup Budi.

Akhirnya ada juga yang bisa membuat Avanza bertekuk lutut. Kira-kira sampai kapan ya Xpander bisa bertahan di posisi puncak mobil sejuta umat?

Sepertinya harus tunggu Ertiga baru keluar atau tunggu Avanza baru meluncur nih.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY