Toyota Avanza Tigre Bergaya Crossover Mungkin Hadir Di Indonesia?

0
avanza veloz tigre
Avanza Veloz Tigre bersama dengan tim yang membuat desainnya saat GIIAS 2016
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Toyota Malaysia sudah meluncurkan Avanza dengan tampilan a la crossover, yaitu Avanza 1.5X. Inilah varian tertinggi Avanza di Negeri Jiran sana.

Toyota Malaysia atau UMW Toyota Motor (UMWT) menjual Avanza crossover ini dengan banderol mencapai RM82.700 atau setara Rp 289 jutaan. Avanza X ini diklaim memiliki fitur yang lengkap daripada varian Avanza lainnya.

Dari tampilannya sih seperti Avanza biasa dengan tambahan bodi kit berupa plastik hitam dari depan hingga ke belakang. Mirip-mirip kaya Honda BR-V yang penuh dengan hiasan plastik hitam di sekujur tubuhnya.

Desain pelek juga lebih sporty berukuran 16 inci, dengan warna two tone seperti menyatu dengan hiasan hitam itu. Tapi sayangnya ini masih berupa opsional.

Bagian belakang pun mendapat sentuhan plastik hitam (foto/Paultan)

Avanza X ini juga masih memiliki aksen krom di grill dengan paduan black glossy. Tersedia fog lamp yang menyatu dengan bodi kit dengan tambahan DRL di bawahnya.

Baca Juga: Pertama Kali Dalam Sejarah, Xpander Kuasai Pasar Mobil Sejuta Umat

Di bagian bawah bumper depan dan belakang terdapat skid plate berwarna silver untuk menegaskan kesan crossover. Begitu juga dengan tambahan roof rail di atap yang juga opsional.

Pilar D juga mendapat sentuhan warna hitam agar terkesan seperti floating roof.

Di bagian dalam kabin, banyak opsi lagi termasuk sistem audio. Konsumen bisa memilih antara head unit DVD-AVX atau DVD-AVN, keduanya sudah layar sentuh.

Toyota Avanza tigre
Toyota Avanza yang dibikin a la crossover dan sudah dijual di Malaysia (foto/Paultan)

Avanza Veloz Tigre

Sebenarnya Toyota Astra Motor (TAM) sudah pernah menghadirkan konsep yang serupa dengan Avanza X ini. Saat GIIAS tahun 2016 silam, TAM sudah memajang Avanza Veloz Tigre dengan konsep yang juga layaknya crossover.

Nama Tigre merujuk pada Tiger atau macan sehingga tampilan Toyota Avanza lebih agresif. Tak hanya itu, Toyota Avanza Tigre juga menunjukkan garis yang lebih sporty dengan gaya crossover.

Veloz Tigre ini adalah hasil karya para divisi product planning TAM. Sama seperti apa yang mereka lakukan dengan Yaris Heykers.

Kalau melihat fotonya sih memang sangat mirip antara Avanza Tigre dengan Avanza X ini. Bedanya Avanza X sudah dijual resmi di Malaysia, sementara TAM masih pikir-pikir untuk mengeluarkan Tigre sebagai senjata melawan Xpander.

Saat bertanya kepada Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan mereka masih ingin mendalami beberapa hal terkait dengan Avanza Tigre.

“Masih dipelajari, kelihatannya masih ada beberapa hal yang ingin kami dalami lebih lanjut,” kata Soerjo di Jakarta, beberapa waktu silam.

Baca Juga: Tampilan Baru Toyota Corolla Yang Terinspirasi Dari Auris Terbaru

Sepertinya TAM masih menahan hadirnya Tigre ini karena berkaca dengan apa yang terjadi pada Honda BR-V. Angka penjualan crossover Honda tersebut yang terjun bebas tentu membuat Toyota berpikir ulang.

Apalagi Yaris Heykers pun sudah dihentikan penjualannya ketika ada model facelift Yaris terbaru kemarin. Berarti Yaris Heykers tidak cukup laku kan?

Mereka tentu tidak ingin dengan bodi kit plastik pada Avanza Tigre ini malah akan membuat penjualan Avanza semakin diraup oleh Xpander.

Kita tunggu saja ada kejutan apa dari Toyota di ajang IIMS pada bulan April mendatang.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY