Yamaha Nmax Masih Kuasai Pasar Skutik 150cc

0
Nmax facelift
Sosok Yamaha Nmax facelift
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Posisi Yamaha Nmax sebagai penguasa motor skutik 150cc belum tergoyahkan. Hal ini berdasarkan data penjualan dari Januari dan Februari 2018.

Meskipun keberadaan Nmax ini sudah digoyang oleh kehadiran Honda PCX baru tapi dari dua bulan pertama di 2018 posisinya masih nomor satu. Padahal Honda PCX kini sudah diproduksi di Indonesia dengan harga jual yang bersaing dengan Yamaha Nmax.

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan Yamaha Nmax mencapai 62.446 unit, dengan rincian 28.402 unit di Januari dan 34.044 unit di bulan Februari. Sementara Honda PCX baru baru mulai penjualan di bulan Februari dengan jumlah sebanyak 9.661 unit.

Meskipun PCX lokal ini baru mulai didistribusikan pada bulan Februari namun angka penjualan Nmax sangat jauh mengungguli skutik Honda tersebut. Pasalnya selain Nmax sudah lama diproduksi lebih dulu dari PCX, harga jual Nmax juga masih sedikit lebih murah dari PCX lokal ini.

Yamaha meniagakan Nmax dengan harga Rp 26,5 (non-ABS) dan Rp 30,4 juta (ABS). Sementara Honda PCX dibanderol Rp 27,7 juta (non-ABS) dan Rp 30,7 juta (ABS).

Baca Juga: Honda PCX Lokal Bakal Kuasai Skutik Premium, Indennya Sebulan

Honda PCX sendiri diklaim oleh Direksi PT Astra Honda Motor sudah mengantongi jumlah pemesanan hingga 20 ribu unit sejak diluncurkan akhir tahun kemarin sampai awal Maret. Namun memang masih dalam tahap produksi sehingga inden PCX baru ini pun mencapai satu hingga tiga bulan ke depan.

Sejak kehadiran Nmax di Indonesia memang cukup menjadi fenomena karena permintaannya yang sangat tinggi. Padahal saat itu Honda PCX juga sudah dijual namun masih versi impor dengan harga yang sangat mahal mencapai Rp 40 jutaan.

Honda PCX baru yang kini diproduksi di Indonesia

Vario 150 Masih Laris

Di segmen skutik 150cc ini memang tak hanya Nmax dan PCX saja yang bermain. Yamaha juga meniagakan Aerox, sementara Honda memiliki Vario 150 dan SH150i.

Dari sisi penjualan domestik sebenarnya Vario masih menjadi yang terlaris di 2018 ini. Skutik andalan Honda ini meraih angka penjualan sebesar 67.949 unit untuk periode Januari-Februari.

Tapi jika membandingkan dengan data domestik dan ekspor maka Yamaha Nmax masih tetap unggul dari Vario 150. Nmax berhasil membukukan angka sebanyak 80.466 unit (Jan-Feb) sementara Vario hanya mengirimkan sebanyak 71.741 unit.

Baca Juga: Yamaha Rilis NMax Baru, Ini Detail Apa Saja Ubahannya

Pasar motor skutik memang masih jadi pasar yang terseksi di Indonesia saat ini. Pangsa pasar motor skutik ini mencapai 83,77 persen penjualan sepeda motor di Indonesia dari total 922,123 unit yang sudah terjual di 2018.

Kalau Anda pilih mana, tim Nmax atau tim PCX? Kalau redaksi Rockomotif sih punya dua-duanya.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY