Mazda MX-5 Akan Dapat Mesin Bertenaga 181 Hp

0
mazda mx-5
Mazda MX-5 akan mendapat suntikan tenaga hingga 181 hp dan juga fitur canggih
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Roadster andalan Mazda, MX-5 kabarnya akan mendapat suntikan tenaga baru. Hal ini diungkapkan oleh majalah Road & Track yang menemukan pendaftaran untuk MX-5 2019 dengan peningkatan tenaga yang signifikan.

Majalah ini juga menemukan bukti lain tentang spesifikasi mobil ini dari dealer di Kanada. Dealer ini menampilkan spesifikasi MX-5 dan berakhir di forum Miata.net

Memang spesifikasi ini akhirnya sudah dihapus, tapi terkonfirmasi jika Mazda MX-5 2019 mendatang akan mendapat tenaga baru dari mesin 2.0 liter 4-silinder yang direvisi.

Memang ini bukan mesin baru, tapi oleh insinyur Mazda, putaran mesin dibikin meningkat tajam. Caranya dengan menggunakan piston yang lebih ringan, crankshaft baru dan intake yang disempurnakan.

Baca Juga: Mazda3 Dibekali Mesin Baru, Interiornya Juga Makin Canggih

Ubahan lain meliputi connecting rods yang lebih ringan, throttle body baru dan knalpot free flow.

Hasilnya Signifikan

Berkat semua ubahan baru ini, tenaga mesin melonjak menjadi 18 hp dan torsi 204 Nm. Meningkat sebesar 26 hp dan 4 Nm dari MX-5 lama tanpa asupan turbo.

MX-5 baru ini juga akan lebih bertenaga dari Fiat 124 Spider yang menggunakan mesin turbo, hanya saja torsinya memang lebih rendah.

Meningkatnya tenaga ini membuat insinyur Mazda menggunakan dual-mass flywheel. Guna mengurangi kebisingan, vibrasi dan kerasnya transmisi akibat peningkatan tenaga pada mesin ini.

Berarti MX-5 baru ini akan lebih nyaman, meskipun tenaganya meningkat signifikan.

Tambah Fitur Canggih

Tidak hanya sektor penghasil tenaga saja yang ditingkatkan, tapi Mazda juga menambah fitur pada MX-5 baru ini. Seperti fitur Smart City Brake System (SCBS) yang menggunakan sensor laser untuk memindai rintangan dan menyiapkan pengereman jika terdeteksi akan terjadi tabrakan.

Baca Juga: SUV Mazda CX-9 Banyak Fitur Canggih, Emangnya Berguna di Jalan?

Jika pengendara tidak merespon, mobil akan berhenti sendiri secara otomatis.

Ubahan lain menurut kabar yang beredar adalah hadirnya fitur telescopic pada setir dan kamera belakang. Saat ini MX-5 memang hanya memiliki fitur tilt saja pada setirnya.

Piranti audio juga diupgrade dengan menghilangkan pemutar CD. Tampaknya sudah tidak ada lagi orang yang memutar lagu menggunakan CD.

Sementara semua ubahan ini masih rumor dan berlaku untuk Mazda Miata di Kanada saja. Belum jelas apakah nantinya semua produk global MX-5 juga akan mendapat suntikan tenaga baru ini.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY