Ini Sepeda Motor Honda Yang Laku di Mana-Mana

0
motor honda
Sepeda motor Honda ternyata tidak hanya laris di Indonesia tapi juga di belahan dunia lain

ROCKOMOTIF, Jakarta – Honda memang sudah mutlak menjadi raja sepeda motor di Indonesia. Jadi bukan kejutan jika motor-motor Honda ini selalu merajai pangsa pasar sepeda motor di Tanah Air.

Tidak tanggung-tanggung karena 75 persen pasar motor di negeri ini dikuasai oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Pada Januari-April 2018 total ada 1.527.795 unit motor Honda yang terjual.

Dari jutaan motor Honda yang mendominasi pasar domestik itu, ada juga motor Honda yang laris di luar negeri. Skutik bikinin AHM ini ternyata cukup laris diekspor ke negara-negara tetangga.

Ternyata Honda BeAT tidak hanya menjadi penguasa skutik di Indonesia tapi juga menguasai pasar ekspor dari Tanah Air. Skutik Honda ini mencatatkan pengiriman ke luar negeri atau ekspor pada bulan April 2018 hingga 10.167 unit.

Kontribusi Honda BeAT ini mencapai 31 persen dari total ekspor motor nasional. Menurut data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) jumlah ekspor dalam kondisi utuh (CBU) di April 2018 sebanyak 44.271 unit.

Baca Juga: Honda PCX Hybrid Ini Bukan Plug-in Hybrid, Bakal Diproduksi Di Indonesia

Di mana model skutik sendiri mencapai 33.029 unit sendiri, disinilah BeAT mendominasi segmen ini. Kontribusi BeAT sebesar 67% terhadap total ekspor skutik Honda pada bulan April 2018.

AHM juga mengekspor jenis skutik lain yaitu Honda Vario series sebanyak 5.045 unit dan 5 unit Honda Scoopy sehingga total ekspor skutik Honda pada bulan lalu tercatat 15.217 unit.

Ekspor Model Lain Juga

Tidak hanya itu, karena selain jenis skutik, AHM juga mengekspor tipe motor lain ke mancanegara. Total ekspor sepeda motor Honda sebanyak 16.354 unit atau berkontribusi 37% terhadap ekspor sepeda motor nasional.

Pada segmen motor bebek, total ekspor motor Honda tercatat 663 unit yang berasal dari Honda Sonic 150R 528 unit, Honda Revo 80 unit, Honda Blade 40 unit, dan Honda Supra Series 15 unit.

Sementara itu, pada segmen motor sport, AHM mencatatkan distribusi ekspor sebanyak 474 unit. Ekspor motor sport Honda tertinggi berasal dari Honda CRF150L yaitu 280 unit, Honda CBR150R 144 unit, Honda CB150 Verza 30 unit dan Honda CB150R Streetfire 20 unit.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan perusahaan akan selalu berupaya meningkatkan jumlah ekspor sepeda motor.

“BeAT memang tidak hanya primadona di market domestik tapi juga di pasar ekspor. Kami optimis pencapaian ekspor sepeda motor Honda akan meningkat pada tahun ini,” ujar Kurniawati.

Baca Juga: Lagi Tren, Motor Lama Cukup ‘Ganti Baju’ Jadi Motor Baru Nih!

AHM mengekspor sepeda motor Honda dalam bentuk CBU ke beberapa negara antara lain Filipina dan Bangladesh. AHM juga mengekspor sepeda motor Honda dalam kondisi terurai (CKD/Completely Knocked Down) dengan beberapa negara tujuan.

Yaitu juga Jepang, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Kamboja. Model yang diekspor secara CKD ini antara lain Honda Sonic 150R, Honda Supra GTR150, Honda BeAT series, Honda Blade, dan Honda CBR250RR.

Ternyata skutik itu enggak cuma populer di Indonesia saja, tapi juga di belahan dunia lain. Hebat Honda, laris manis di mana-mana!

LEAVE A REPLY