Ini Rolls-Royce Dari Jepang, Mobilnya Para Bos Yakuza

0
Rolls-Royce Jepang
Toyota Century ini adalah mobil Kerajaan Jepang dan juga para bos Yakuza

ROCKOMOTIF, Tokyo – Mungkin banyak orang Indonesia yang tidak tahu jika pabrikan mobil Jepang, Toyota memiliki satu model yang sangat premium. Tidak heran jika mobil Toyota Century ini dijuluki Rolls-Royce nya Jepang.

Begitu eksklusifnya mobil ini hanya dijual resmi di negara Matahari Terbit saja. Harganya pun cukup murah jika dibandingkan dengan Rolls-Royce asli, hanya setengahnya.

Toyota Century ini sudah diproduksi selama lima dekade sejak tahun 1967, dan menjadi mobil resmi kerajaan Jepang. Tidak hanya itu, mobil flagship Toyota ini pun dipakai oleh para bangsawan dan pengusaha kaya di sana termasuk bos-bos Yakuza.

Kini, Toyota pun memberikan generasi terbaru bagi Century setelah 21 tahun lamanya. Ini adalah waktu terlama bagi sebuah pabrikan untuk menghadirkan generasi yang benar-benar baru. Ini adalah bukti jika mobil ini tetap dicintai oleh milyuner Jepang meski modelnya begitu-begitu saja.

Baca juga: Dolar Masih Rp 14 Ribu, Harga Mobil Toyota Bakal Naik?

Generasi terbaru Century ini pun dihadirkan ke publik dunia pada musim gugur lalu. Model terbaru ini hanya dijual untuk domestik Jepang saja dengan harga 19,6 juta yen (Rp 2,5 miliar) tanpa pajak dan lain-lainnya.

Mobil ini dijuluki juga sebagai Rolls-Royce nya Jepang

Mempertahankan Gaya Klasik

Jika dilihat memang model terbaru ini sekilas tidak banyak perubahan, masih mengusung gaya klasik yang kental. Dimensinya sedikit lebih besar, dengan panjang 5.335mm, lebar 1.930mm. dan tinggi 1.505mm serta panjang wheelbase mencapai 3.090mm.

Di dalam kabinnya terhampar material premium yang memancarkan aura kemewahan. Kursi belakangnya terpisah untuk masing-masing individu dengan banyak fungsi bagi penumpang belakang.

Hanya saja, bagi orang Jepang kemewahan di dalam kabin itu berarti jok dilapis oleh wool. Meski begitu Anda tetap bisa memilih dengan pelapis kulit.

Kabinnya mewah tapi jok dilapis oleh bahan wool

Tersedia fitur infotainment berupa layar berukuran 16 inci lengkap dengan audio kelas wahid, dan panel sentuh untuk pengaturan di arm rest tengah. Panel sentuh ini berfungsi untuk mengatur fungsi pijat pada kursi, tirai, AC dan sound system.

Baca juga: Jangan Harap Ada Generasi Baru Toyota Avanza Tahun Ini!

Mewah tapi dashboardnya terlihat sederhana

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti air suspnesion elektrik yang dibuat lebih rigid berkat struktur perekat. Lebih lanjut suspensi ini juga mendapat revisi pada arm, mount dan juga ban dan karet-karet lainnya sehingga diklaim lebih nyaman.

Fitur Toyota Safety Sense terdapat lengkap di sini, berfungsi membantu pengemudi ketika berkendara. Seperti Blind Spot Monitor, PArking Support Alert, Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Radar Cruise Control, Adaptive HighBeam dan HelpNet.

Fitur yang terakhir ini berfungsi secara otomatis ketika airbag mengembang, dan operator akan menghubungi pihak berwajib untuk memberitahu jika telah terjadi kecelakaan.

Panel sentuh untuk mengatur berbagai fungsi di belakang

Mesin V8

Dibalik bonnetnya tersembunyi tenaga buas, mesin bensin V8 5.0 liter mampu menghembuskan tenaga 376 hp dan torsi 510 Nm. Masih dibantu dengan motor listrik sebesar 221 hp sehingga Toyota mengklaim tenaga maksimalnya mencapai 425 hp.

Mobil ini hanya dijual eksklusif, karena itu Toyota hanya menargetkan penjualan 50 unit saja tiap bulan. Semua mobil Toyota Century ini diproduksi di pabrik Higashi-Fuji di Jepang.

LEAVE A REPLY