SUV Baru Wuling, Baojun 530 Bersiap Masuk Pasar India

1
baojun 530
Baojun 530 akan diproduksi di India

ROCKOMOTIF, India – Pabrikan China tampaknya sedang invasi ke semua negara yang berpotensi besar terhadap penjualan mobil. Termasuk ke India, hanya saja di sana akan menggunakan merek MG Motor.

Tapi produknya tetap sama, milik dari SAIC yang juga merupakan produk dari Wuling di Indonesia. Dan baru-baru ini MG Motor melakukan tes bagi SUV Baojun 530 di India.

Baojun 530 ini sudah melakukan debutnya di China pada MAret 2018 yang lalu. Dengan mengusung dimensi 4.655mm (panjang), 1.835mm (lebar), dan 1.760mm (tinggi), Baojun 530 ini hanya sedikit lebih besar dari Jeep Compass.

Tampak belakang SUV Baojun 530

Dari gambar yang diterbitkan oleh Autocar India ini, terlihat jelas SUV Baojun 530 ini akan dirilis dalam waktu dekat di India. Ini adalah SUV asal China pertama yang masuk ke pasar India.

“Kami secara ekstensif mempelajari semua produk di SAIC dan kami menemukan bahwa Baujun 530 menawarkan apa yang dibutuhkan untuk pasar India,” kata seorang sumber di MG Motor India kepada Autocar India.

Baca juga: Wuling Cortez 1.5 Termurah, Ini Beda Antara Tipe S dan C

Sumber tersebut juga mengatakan jika mobil untuk versi India akan sangat berbeda dari yang Cina dan MC Motor akan merekayasa ulang secara ekstensif desainnya.

Baojun 530 yang tertangkap kamera sedang dites di India (foto/Autocar India)

Akankah Masuk Ke Indonesia?

Di negara asalnya sana, Baojun 530 memiliki desain eksterior yang modern, dengan grill terintegrasi dengan lampu DRL yang dipasang tinggi dan dilengkapi dengan lampu depan ramping.

Dari samping, terlihat karakter garis yang memanjang sampai ke bagian belakang dan menyambung hingga lampu rem mirip dengan desain Audi. Hanya saja, nantinya untuk pasar India, Baojun 530 akan mengalami beberapa perubahan styling termasuk tampilan depan.

Tampak samping Baojun 530

Di Cina, Baojun 530 tersedia dengan pilihan mesin bensin. Yaitu 1,8 liter yang juga tersedia pada Wuling Cortez di Indonesia, dan 1,5 liter turbocharged.

Baca juga: Harga Wuling Cortez 1.5 Murah, Tebar Ranjau Kepada Xpander Dan Ertiga

Sementara di India, MG akan menggunakan mesin diesel Fiat 2,0 liter dari FCA India. MG Motor saat ini sedang melakukan lokalisasi SUV baru yang akan diproduksi di India di pabrik SAIC sebelumnya dimiliki oleh General Motors di Halol, Gujarat.

Lalu bagaimana peluang SUV Baojun 530 ini untuk pasar Indonesia? Wuling memang menegaskan mereka masih fokus di segmen MPV untuk Indonesia. Sementara pabrikan China yang bermain di segmen SUV adalah DFSK dengan Glory 580 nya.

Tapi bukan tidak mungkin jika nantinya Wuling menambah model baru, SUV Baojun 530 ini bakal hadir dan diproduksi di Tanah Air. Bagaimana Wuling Motors?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY