Bakal Ada 40 Mobil Baru di GIIAS 2018, Ini Daftarnya!

0
mobil baru giias 2018
BMW i8 Roadster siap melantai di GIIAS 2018? (foto/Autocar India)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 siap digelar. Ajang pameran yang selalu menghadirkan mobil-mobil baru dan juga debut dunia (world premiere) tentunya punya cerita baru di setiap tahunnya.

Tahun ini sudah jelas harga tiket masuk GIIAS jadi lebih mahal, meski hanya di akhir pekan saja atau Sabtu dan Minggu. Lalu apa yang bisa Anda lihat jika datang ke GIIAS 2018 ini?

Pameran otomotif yang akan digelar tanggal 2 Agustus 2018 mendatang hingga 12 Agustus 2018 ini tentunya akan menyuguhkan mobil-mobil baru. Pihak penyelenggara sudah mengumumkan jika GIIAS 2018 ini akan menghadirkan sekitar 40 mobil baru.

Penasaran kan mobil baru apa saja yang bakal hadir di GIIAS 2018 nanti? Eh ada motor baru juga deh ternyata di segmen yang sekarang lagi laris manis. Berikut ini beberapa prediksi dari tim ROCKOMOTIF yang dikumpulkan melalui berbagai sumber dan kerabat, ada juga dari bisikan tetangga sebelah sih.

xpander kuasai pasar moibl sejuta umat
Xpander mampu menumbangkan Avanza dari posisi puncak mobil sejuta umat
Mitsubishi Xpander

Tepat setahun yang lalu Mitsubishi melahirkan mobil keluarga terbarunya, Xpander. Kini, mobil ini jadi mobil paling laris hingga mengalahkan Toyota Avanza yang sudah bertahun-tahun tak memiliki lawan sepadan.

Nah di GIIAS 2018 ini, sudah banyak beredar kabar jika Mitsubishi akan menghadirkan varian baru Xpander nih. Kabarnya lagi varian baru ini adalah tipe-tipe tengah dengan transmisi baru. Kalau prediksi kami sih, akan ada tipe Sport dengan transmisi Manual sama ada tipe GLS dengan transmisi otomatis. Jangan harap akan ada Xpander facelift ya, baru juga setahun. Nanti tunggu di GIIAS tahun depan mungkin.

mobil baru honda
Honda hadirkan RS Concept di IIMS 2018

Honda Brio RS

Nah ini nih yang bakal jadi world premiere di GIIAS 2018. Setelah di IIMS kemarin, Honda buka selubung mobil konsep Small RS. Sekarang giliran di GIIAS, pabrikan Jepang ini bakal buka selubung mobil versi produksi dari Small RS Concept ini.

Banyak yang bilang ini akan jadi penerus Honda Brio, alias generasi baru mobil mungil yang sekarang jadi tumpuan PT Honda Prospect Motor di Indonesia. Memang sudah saatnya sih ada model baru dari Brio. Tapi biar lebih jelas dan tidak simang siur tunggu update dari kami di tanggal 2 Agustus ya.

Desain Jimny terbaru masih mempertahankan desain boxy
Suzuki Jimny

Kalau yang satu ini pasti sudah ditunggu-tunggu sama mereka yang doyan main tanah. Apalagi fans Suzuki Jimny lawas. Mobil penggerak 4WD terbaru dari Suzuki ini baru saja diluncurkan di Jepang awal Juli kemarin. Tapi Indonesia kemungkinan bakal jadi negara pertama di ASEAN yang menghadirkan Jimny baru ini.

Karena yang dibawa adalah Jimny dari Jepang, maka spesifikasinya pasti sama dengan yang ada di sana. Hanya saja yang akan hadir adalah Jimny Sierra yang punya mesin 1.5 liter sama seperti Suzuki Ertiga. Kalau bocoran dari kerabat ROCKOMOTIF sih mobil jip mungil ini sudah sampai di pelabuhan, mungkin juga hari ini sudah ada di ICE BSD.

Suzuki Swift Hybrid sudah hadir di Sri Lanka
Suzuki Swift Hybrid

Satu lagi nih dari Suzuki, menurut info dari kerabat itu juga PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal bawa Swift Hybrid di GIIAS. Memang mobil ini belum akan dijual, tapi lumayan buat tes pasar, siapa tahu peminatnya banyak kan.

Swift Hybrid ini sudah dijual di negara-negara Eropa sana. Tapi di Indonesia banyak pabrikan mobil yang masih menunggu kejelasan dari peraturan soal mobil ramah lingkungan dari pemerintah. Soalnya kalau tidak ada subsidi maka harganya akan lebih mahal dari mobil bermesin lawas.

nissan terra
Nissan Terra bakal memiliki tenaga lebih besar dari Pajero Sport dan Fortuner
Nissan Terra

Ini adalah mobil yang siap menggoyang tahta dari Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner di Indonesia. Sama seperti kompetitornya, Nissan Terra ini juga pakai basis dari mobil kabin ganda. Fotonya pun sudah beredar di sosial media sedang uji jalan di daerah Serpong. Tinggal tunggu harganya saja nih, bisa bersaing apa tidak sama dua kompetitornya itu. Kalau dari fitur sih sepertinya bakal seimbang.

Generasi baru Hyundai Santa Fe (foto/Autocar)

Hyundai Santa Fe

Pabrikan Korea ini sebenarnya sudah sejak IIMS berencana untuk meluncurkan generasi baru dari Santa Fe. SUV Hyundai ini punya model baru yang jauh lebih modern dari sebelumnya. Tidak hanya dari sisi desain saja yang berubah, tapi mesin dan fiturnya pun kini jauh lebih bertenaga dan canggih. Yang sudah naksir sama Santa Fe baru, silahkan datang ke GIIAS ya.

baojun 530
Baojun 530 akan diproduksi di India
Wuling SUV (Baojun)

Wuling memang mengatakan akan fokus di pasar MPV dulu untuk Indonesia. Tapi kalau punya SUV keren dengan fitur yang canggih, kenapa tidak dibawa ke GIIAS. Tidak ada salahnya kan cuma tes pasar saja. Memang belum ada kepastian soal SUV Wuling yang bernama Baojun ini. Tapi kehadirannya pantas untuk dinantikan. Apalagi Wuling pasti akan menjualnya dengan harga yang sangat kompetitif. Kalau jadi dijual itu juga.

Toyota siap hadirkan Sienta Facelift di GIIAS 2018?
Toyota Sienta Facelift

Nah, kalau pabrikan nomor satu di Indonesia ini tidak punya barang baru nih. Jadi jangan harap ada Toyota Avanza generasi terbaru ya di GIIAS kali ini. Paling yang ada mobil ini nih, Sienta Facelift. Pihak Toyota pernah bilang ke wartawan kalau bakal ada kejutan untuk Sienta. Jadi ya berharap saja ada versi penyegaran dari MPV yang penjualannya semakin menurun tiap bulannya ini.

Toyota Prius PHEV (foto/Carscoops)
Toyota Prius PHEV

Karena tidak ada produk baru yang dijual massal, jadi Toyota cuma bawa mobil-mobil keren yang katanya ramah lingkungan. Toyota sebenarnya cuma mau pamer kecanggihan teknologi saja di GIIAS. Yang pasti akan ada mobil ramah lingkungan ini, Prius Plug-in Hybrid. Mobil ini baru saja dihibahkan oleh Toyota ke pemerintah, mungkin biar peraturan soal mobil ramah lingkungan cepat dikeluarkan. Tujuannya ya biar Toyota bisa jual Prius ini dengan harga murah dong. Yang mau lihat mobilnya bisa datang ke booth Toyota ya.

BMW i8 Roadster (foto/Autocar India)
BMW i8 Roadster

Ini adalah versi BMW i8 dengan atap yang dipotong alias convertible. Mobil ini sudah dijual oleh BMW Indonesia, tapi yang versi atap solid. Kemungkinan sih BMW bakal jual juga nih yang versi Roadster, tentu dengan harga yang lebih mahal ya. Soalnya di Eropa sana juga harganya lebih mahal dari versi i8 biasa. Padahal tipe ini masih sama dengan i8 yang sebelumnnya yang menggunakan tenaga litrik Twin Power Turbo 3 silinder 1,5 liter.

bmw x2
BMW X2
BMW X2

SUV terbaru dari BMW ini juga seharusnya akan hadir di GIIAS. Karena BMW Indonesia sendiri sudah menjanjikan akan ada 10 mobil baru untuk tahun ini. Meski belum ada kabar pasti soal crossover baru BMW ini, tapi produk ini adalah mobil yang benar-benar baru di keluarga X-Series. Dan sudah rilis di beberapa negara lain. Tunggu di GIIAS ya untuk kepastiannya.

harga dfsk glory 580
DFSK Glory 580 tidak jadi naik harga
DFSK Glory 580

Memang mobil SUV China ini sudah resmi meluncur dari IIMS kemarin, tapi harga resmi belum lama diumumkan. Nah, saat media test drive di bulan Juni kemarin para petinggi DFSK sudah memberi sinyal akan menghadirkan varian baru Glory 580. Nantinya akan ada varian terendah dan juga varian tertinggi. Karena sekarang ini baru ada varian tengah-tengah saja dari Glory 580 ini. Tapi ya bentuknya sih pasti sama saja dengan yang sudah dijual sekarang ini.

Mazda CX-3 Facelift
Mazda CX-3 Facelift

Crossover Mazda ini sudah meluncur versi faceliftnya sejak awal tahun 2018 kemarin. Nah di GIIAS 2018 ini, Mazda bakal bawa CX-3 baru ini. Hal ini sudah dikonfirmasi berdasarkan undangan yang masuk ke redaksi ROCKOMOTIF. Pada versi penyegaran ini, CX-3 mendapat sejumlah fitur baru. Sebenarnya ada satu lagi produk baru Mazda di GIIAS, kemungkinan itu adalah Mazda 6 yang terbaru. Jadi buat penggemar Mazda, siap-siap ya kalau mau lihat dua mobil baru ini.

Audi RS5
Audi RS5 dan A8

Meski Audi tidak terlalu menonjol di Indonesia, tapi mereka tetap konsisten dengan membawa produk baru di GIIAS. Kali ini, akan ada RS5 terbaru dan juga sedan mewah A8. Untuk Audi RS5 coupe baru sudah tak lagi menggendong mesin naturally aspirated V8, melainkan diisi oleh mesin V6 2,9 liter twin-turbo. Sementara A8 sendiri akan hadir untuk meramaikan pasar sedan mewah yang diisi oleh BMW Seri 7 dan Mercedes-Benz S-Class.

Honda Forza 250 siap sikut Yamaha Xmax
Honda Forza 250

Kejutan di segmen roda dua, Honda bakal bawa pesaing Yamah Xmax nih di GIIAS. Debut dari Honda Forza ini sepertinya bakal merusak dominas Xmax nih dan menyuguhkan pilihan baru bagi konsumen skutik bongsor. Kalau lihat dari spesifikasi yang beredar di luar negeri sih bisa bikin penjualan Xmax menukik nih. Syaratnya cuma satu, harganya lebih kompetitif. Pihak Honda masih enggan memberikan konfirmasi. Meski demikian, mereka hanya berkata tunggu saja nanti tanggal 2 Agustus ya.

suzuki burgman
Suzuki Burgman Street 125 untuk pasar India
Suzuki Burgman 150

Nah kalau yang ini kejutan dari Suzuki buat Yamaha Nmax dan Honda PCX. Suzuki sudah mengatakan bakal membawa Burgman 125 ke GIIAS 2018 nanti. Memang skutik ini belum akan dijual langsung, melainkan tes pasar sama seperti dua motor sebelumnya di Jakarta Fair. Kalau jadi dijual sih pasti akan disesuaikan dengan kompetisi segmen di sini. Bisa jadi akan ada Burgman 150 buat menyikut Nmax sama PCX deh. Yang mau lihat bentuknya bisa datang ke GIIAS ya.

LEAVE A REPLY