Cek Kondisi Mobil Setelah Pergi Mudik, Jangan Lupa Periksa Bagian Ini

0
kondisi mobil
Jangan lupa periksa kondisi mobil Anda setelah mudik

ROCKOMOTIF, Jakarta – Musim Lebaran 2018 telah usai, meski begitu jangan lupa untuk kembali melakukan pengecekan terhadap kondisi mobil kesayangan Anda.

Saat perjalanan mudik dan balik pastinya memakan waktu yang sangat panjang, apalagi bila Anda sempat terjebak macet di beberapa titik. Belum lagi biasanya, kendaraan tangguh seperti Toyota Avanza dan Toyota Rush membawa penumpang dan barang dalam kapasitas maksimal. Terbayang betapa lelahnya mobil Anda setelah kembali ke rumah.

Untuk itu, jangan langsung gunakan mobil kesayangan Anda untuk aktivitas rutin. Auto2000 sebagai diler Toyota di Indonesia memberikan tips apa saja yang harus dicek setelah mobil menempuh perjalanan jauh.

Supaya kondisi mobil Toyota kesayangan Anda kembali prima dan siap kembali untuk beraktivitas, ada beberapa aspek teknis mesti diperiksa lebih dulu.

Seperti cairan kendaraan yang berada di dalam kap mesin. Amati volume dari oli mesin dan transmisi, minyak rem, minyak kopling untuk mobil manual, minyak power steering, air aki, dan air wiper. Isi kembali kalau berkurang dan pastikan tidak ada kebocoran di sistem.

Baca juga: Ini Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Pecah Kaca Mobil

Bagian lain yang wajib untuk dicek adalah ban sebagai tumpuan mobil saat berjalan. Apalagi jika melihat beban yang harus dipikul oleh ban saat mudik kemarin.

Cek tekanan angin ban dan perhatikan apakah ada perubahan bentuk fisik. Sembari itu, lakukan pengecekan kondisi kolong mobil, seperti sistem suspensi, sistem kemudi, dan sistem rem. Pastikan tidak ada kebocoran dan komponen mekanis masih dalam kondisi baik.

Lanjut ke bagian mesin. Seperti diketahui bersama, mesin mobil modern seperti Toyota Vios dan Toyota Kijang Innova sudah dikendalikan secara elektronis oleh sistem komputer. Cara paling mudah untuk mendeteksi potensi masalah adalah dengan melihat indikator di panel instrumen ketika kunci kontak di posisi ON.

Bila tidak ada masalah bisa dilanjutkan dengan menyalakan mesin kendaraan. Kalau Anda merasa kurang nyaman dengan bunyi mesin atau merasa ada potensi masalah, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi Auto2000 untuk pemeriksaan lebih menyeluruh.

Malas ke bengkel, Auto2000 sediakan layanan Home Service

Malas Ke Bengkel? Ini Solusinya

Lantas, bagaimana bila pengguna mobil masih merasa lelah, malas bergerak/mager atau bahkan sudah tenggelam dalam kesibukan rutin kembali? Auto2000 punya tim yang siap untuk melakukan servis mobil dan pengecekan pascamudik di rumah, kantor, atau lokasi lain yang pelanggan mau.

“Tingginya mobilitas masyarakat perkotaan pemilik mobil Toyota memacu Auto2000 untuk terus melakukan inovasi dalam hal layanan guna memberikan kemudahan dan pengalaman unik bagi pemilik mobil Toyota. Selain itu, di era digital seperti sekarang ini segala bentuk layanan dituntut untuk dapat bekerja dengan cepat, praktis, efisien, namun tetap dapat menjaga kualitas di level terbaik,” urai Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, Jumat (29/6/2018).

Layanan yang diberi nama Toyota Home Service (THS) ini memberikan Anda keleluasaan untuk mengatur sendiri waktu dan lokasi tune up mobil Toyota sehingga memberikan kemudahan bagi yang tidak sempat datang ke bengkel. Cukup lakukan booking sevice dan pilih menu layanan THS, tim THS akan melakukan kunjungan servis.

Baca juga: Tips Merawat Mobil Saat Kondisi Cuaca Tak Bersahabat

Tim dari THS punya standar pekerjaan tinggi dan kualitas kerja terbaik yang setara dengan bengkel resmi Auto2000. Sebagai benefit tambahan, THS tidak mengenakan biaya untuk kunjungan dalam kota. Selain itu, biaya servis dan harga spare part orisinal sama dengan bengkel resmi Auto2000.

Untuk menu layanan tersedia ganti oli, engine tune up, servis berkala internal, perawatan 1.000 Km dan 5.000 Km, dan perbaikan ringan di bawah 2 jam. THS jelas sangat memudahkan bagi pelanggan yang kesulitan untuk mengatur waktu kunjungan ke bengkel resmi Auto2000.

Aplikasi Mobile

Selain itu, urusan servis mobil Toyota pascamudik semakin mudah karena sekarang sudah ada aplikasi Auto2000 Mobile. Aplikasi ini menjanjikan berbagai kemudahan bagi pengguna mobil Toyota hanya dengan klik di layar ponsel.

Anda bisa memesan jasa servis berkala tanpa perlu beranjak dari tempat duduk. Ada 2 fitur disediakan, yaitu Workshop untuk booking service di bengkel resmi Auto2000 dan Home Service jika Anda ingin memanggil layanan THS. Tim dari THS siap datang langsung ke lokasi yang Anda mau di waktu yang Anda pilih sendiri.

Aplikasi ini punya fitur Tracking untuk memantau posisi tim THS yang dipanggil. Selain itu, fitur ini juga memberikan informasi sudah sejauh mana proses servis berkala berjalan dan memberikan notifikasi saat telah selesai.

Auto2000 Mobile juga bisa memberikan estimasi biaya servis sehingga menjanjikan kemudahan, dalam hal sistem pembayaran yang tersedia Auto2000 menerima baik dalam bentuk tunai maupun non tunai, seperti lewat kartu kredit maupun kartu debet. Catatan penting lainnya adalah segala hal yang berkaitan dengan servis mobil Toyota Anda tercatat di Auto2000 Mobile sehingga memudahkan untuk melacak data perawatan mobil dan memberikan reminder bila waktu servis berkala berikutnya telah tiba.

LEAVE A REPLY