Wuling Sudah Lampaui Penjualan Tiga Merek Jepang, Ini Sebabnya

1
wuling cortez
Wuling Cortez hadir dengan pilihan mesin 1.5 liter dengan harga yang lebih murah

ROCKOMOTIF, Jakarta – Penjualan mobil baru di Indonesia menunjukkan tren yang sama dibanding dengan tahun lalu. Dalam enam bulan pertama tahun 2018 ini tercatat ada beberapa kejutan di industri otomotif Indonesia.

Salah satunya adalah pencapaian dari merek China yang ternyata mampu bersaing dengan merek Jepang dan Korea. Wuling adalah merek China yang paling berhasil saat ini di Tanah Air.

Padahal sebelumnya banyak yang meragukan keberadaan pemain asal Tiongkok di Tanah Air. Mengingat sudah ada beberapa merek sebelumnya yang menghilang tanpa jejak.

Tapi tidak dengan Wuling, eksistensinya sudah mulai diakui oleh konsumen Indonesia. Mungkin karena Wuling berinvestasi dengan memiliki pabrik di Tanah Air. Bahkan Wuling Confero pun sudah dipercaya menjadi armada taksi.

Baca juga: Satu Tahun Wuling di Indonesia, Ini Pencapaiannya

Tapi biasanya konsumen Indonesia lebih kepada kualitas produk dan layanan after sales. Nah ini juga yang jadi senjata Wuling.

Selain harganya yang jauh lebih murah dari kompetitor Jepang, Wuling juga memberikan fitur yang lebih banyak di dua varian andalannya, Confero dan Cortez.

datsun go CVT
Datsun GO kini bertansmisi CVT, tapi bukan LCGC lagi

Kalahkan Datsun, Nissan, dan Mazda

Terbukti dari data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Wuling mampu mencatat penjualan di atas tiga merek Jepang ini.

Selama enam bulan pertama, Wuling berhasil menjual 8.120 unit. Angka ini melebihi penjualan Datsun, Nissan dan juga Mazda di Indonesia.

Datsun sendiri yang juga menjual mobil murah alias LCGC hanya mampu mencatat angka penjualan sebesar 7.621 unit. Sementara saudaranya, Nissan hanya berhasil menjual 4.813 unit.

Baca juga: SUV Baru Wuling, Baojun 530 Bersiap Masuk Pasar India

Mazda lebih sedikit lagi hanya 2.769 unit selama enam bulan pertama di 2018 ini. Memang semua produk Mazda itu impor utuh (CBU) dari Thailand dan Jepang. Sehingga dari sisi harga pun terpaut jauh.

Nissan dan Datsun yang memang sedang terpuruk, padahal dari sisi line up kendaraan dua merek ini memiliki produk yang lebih beragam keitmbang Wuling.

Tampaknya kepercayaan konsumen Indonesia terhadap Wuling mulai terbangun karena Wuling juga agresif dalam meningkatkan jaringan diler mereka. Dalam setahun setelah mereka hadir di Indonesia, Wuling sudah memiliki 71 unit diler di seluruh Indonesia.

Bahkan angka ini masih akan bertambah hingga 80 diler sampai akhir tahun 2018. Jadi masih meragukan produk China? Lebih baik Anda coba dulu produknya sebelum membeli.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY