Xpander Sudah Sumbang Separuh Jualan Mitsubishi di Indonesia

2
penjualan xpander
Xpander pamer aksi menarik komidi putar di Bekasi

ROCKOMOTIF, Bekasi – Mitsubishi Xpander terbukti menjadi jurus ampuh Mitsubishi di Indonesia, bahkan mungkin juga di global. Memang saat ini penjualan Xpander masih terfokus di Tanah Air dan juga sedikit ekspor ke negara tetangga di ASEAN. Tapi mobil keluarga Mitsubishi ini sudah menyumbang separuh penjualan Mitsubishi di Indonesia.

Menurut Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) penjualan Xpander sudah lebih dari 50 ribu unit. Sementara hingga bulan Juni kemarin, dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Mitsubishi sudah mencatat penjualan wholesales sebanyak 100 ribu unit lebih.

“Selama beberapa bulan terakhir pangsa pasar XPANDER telah mencapai 27,8%. Bahkan berhasil mempertahankan posisi teratas di segmen MPV kecil selama beberapa bulan. Dalam satu tahun, populasinya telah mencapai lebih dari 50.000 unit. Di mana kami masih dalam tahap memenuhi permintaan yang sangat tinggi dari produk ini setiap bulan,” ungkap Kondo dalam pidato sambutannya di acara Xpander Tons of Real Happiness di Bekasi, Jumat (27/7/2018).

Baca juga: Ingin Menikmati Kebahagiaan Bersama Xpander? Ini Caranya

Kondo juga menambahkan jika MMKSI sudah mengantisipasi dengan menambah kapasitas produksi dari pabrik Mitsubishi di Cikarang. Dari yang tadinya ditarget produksi 5 ribu unit per bulan menjadi 10.000 unit per bulan sejak Juli, termasuk untuk pasar ekspor.

xpander incar fleet
Pabrik Mitsubishi terus genjot produksi Xpander

Tantangan Berat Bagi Mitsubishi

Popularitas Xpander ini menjadi suatu keberhasilan bagi MMKSI dan juga Mitsubishi global. Namun di satu sisi juga menjadi tantangan berat bagi MMKSI untuk bisa mempertahankan prestasi ini.

“Hal tersebut bukan saja merupakan pencapaian yang luar biasa, tetapi pada saat yang sama, merupakan tantangan terbesar kami. Tantangan buat kami untuk menyediakan produk & layanan yang baik, lebih baik dan terbaik untuk pelanggan setia Mitsubishi,” tambah Kondo lagi.

Pria nomor satu di MMKSI ini juga menjelaskan seiring dengan pasar yang makin kompetitif, menjadi tantangan buat Mitsubishi untuk mempertahankan popularitas Xpander.

Hingga saat ini, Mitsubishi sudah mengantungi jumlah pemesanan untuk Xpander sebanyak 80 ribu unit. Namun yang terkirim ke konsumen baru sebanyak 50 ribuan unit.

Baca juga: Harga Xpander Naik Lagi di Agustus? Ternyata Ini Penyebabnya

“Sampai saat ini sudah ada 80 ribu unit Xpander yang dipesan oleh konsumen, tapi baru lebih dari 50 ribu unit yang terkirim ke konsumen. Jadi kami masih berusaha untuk memenuhi itu dulu,” ujar Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group PT MMKSI di tempat yang sama.

Menurut Imam, dari total penjualan Xpander itu sebanyak 37 persen berasal dari konsumen di Jabodetabek. Jadi jangan heran kalau sudah banyak Xpander lalu lalang di jalanan Ibukota ya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY