Mengenal Apa Itu Crumple Zone dan Fungsinya Pada Mobil

0
crumple zone
Mobil sekarang lebih ringkih karena adanya fitur crumple zone (foto/teslamotorclub)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Di era modern sekarang ini, ternyata masih banyak yang mempertanyakan kenapa mobil-mobil ‘zaman now’, ketika terjadi tabrakan, bagian depannya mudah ringsek. Mereka yang bertanya ini lantas membanding-bandingkan dengan mobil yang lahir di era tahun 80 dan 90-an. Terutama soal kualitas besi pada bodi mobil modern sekarang yang lebih ringkih dari mobil lama.

Ternyata, jawabannya bukan karena kualitas yang dibuat menurun, tetapi mobil-mobil ‘zaman now’ itu sengaja dibikin seperti itu dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan penumpangnya. Fisik mobil memang jadi rusak, tetapi pengemudi dan penumpang di dalam mobil itu bisa selamat, minimal dapat meminimalisir fatalitas cidera.

Itulah yang dikenal dengan istilah atau teknologi Crumple Zone. Jadi ini adalah terobosan yang dipakai oleh produsen otomotif di dunia untuk mengurangi cidera bagi yang ditabrak dan juga yang di dalam mobil.

“Ini namanya penggunaan crumple zone. Jadi terobosan yang dipakai oleh produsen otomotif di dunia untuk mengurangi cidera yang ditabrak dan juga yang di dalam mobil,” ujar Taqwa Suryo Swasono pemilik bengkel Garden Speed beberapa waktu lalu.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap Berlanjut Setelah Asian Games? Ini Kata Kakorlantas

Hal tersebut karena area di dalam mobil terdapat energi hasil tabrakan (benturan) yang terserap dan berkurang. Crumple zone terletak di bagian depan dan belakang mobil. Di bagian depan, lokasinya ada dari mulai ujung depan mobil hingga ruang kabin.

Untuk dapat melindungi ruang kabin agar tidak hancur kala tabrakan terjadi, mobil dengan crumple zone baik harus dapat mendistribusikan dan mengurangi energi benturan sebelum sampai pada ruang kabin.

euro ncap
Salah satu pengujian crumple zone dengan crash test atau NCAP

Cara Kerja Crumple Zone

Sebenarnya cara kerja dari crumple zone itu sangat sederhana. Setiap energi hasil benturan atau tabrakan harus bisa berpindah ke tempat lain kecuali ruang kabin. Karena itu, crumple zone juga berkaitan tentang bagaimana rangka mobil secara keseluruhan dirancang.

Nah, biasanya pabrikan mobil akan membuat lekukan atau lubang lubang tertentu yang nantinya akan menjadi “titik tekukan” jika tabrakan terjadi. Biasanya ini dilakukan di plat kap mesin atau fender. Sementara untuk bumper sebagai bagian terdepan mobil, umumnya menggunakan bahan dari plastik.

Karenanya crumple zone sering diasosiasikan dengan kualitas yang buruk. Pasalnya, penerapan crumple zone memang membuat bagian depan mobil jadi seperti lebih rapuh. Perlu diingat, tentu saja crumple zone ada keterbatasan, yaitu tetap tidak bisa menjaga ruang kabin seandainya benturan dengan objek lain terlalu keras.

Baca juga: Ini Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Pecah Kaca Mobil

Taqwa melanjutkan, selain crumple zone, teknik kedua yang membuat mobil zaman now lebih aman, yaitu engine mounting yang didesain sedemikian rupa agar saat terjadi tabrakan mesin mobil mudah jatuh ke depan, tidak ke arah penumpang di kabin mobil.

“Mobil sekarang ringkih padahal penumpangnya di kabin lebih aman, tabrakan sedikit mesin jatuh tapi di kabinnya aman, majority dari monokok frame sehingga mobil yang aman Eropa, dia yang leading sehingga semua melihat dia,” ungkap Taqwa.

Jadi jangan lagi berpikir kalau mobilnya ditabrak terus jadi ringsek lalu bilang mobilnya jelek ya. Ingat yang terpenting adalah kondisi pengemudi dan penumpang di dalamnya tetap aman dan selamat.

LEAVE A REPLY