Xpander Sukses Ternyata Belum Memuaskan Bagi Mitsubishi

0
penjualan Mitsubishi Xpander iIMS
MItsubishi Xpander masih inden sekitar 3 bulan

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kehadiran Xpander sejak Agustus tahun lalu ternyata bisa memberi pukulan telak bagi Toyota Avanza dan kompetitor lainnya. Tidak hanya itu, berkat Xpander pula penjualan Mitsubishi Indonesia menjadi nomor satu di dunia.

Terhitung sampai semester pertama tahun 2018, Indonesia menjadi pasar terbesar alias nomor satu buat Mitsubishi secara global. Selama enam bulan pertama tahun ini, total penjualan Mitsubishi di Indonesia tembus 71.859 unit.

Angka itulah yang menjadikan Indonesia berhasil mengalahkan penjualan Mitsubishi di China, dan Amerika Serikat (AS). Meski begitu, menurut Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang baru, yakni Naoya Nakamura, pencapaian tersebut belum cukup.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Terbaik Pilihan Wartawan Otomotif

“Saya ditugaskan oleh MMC (Mitsubishi Jepang) untuk melanjutkan kesuksesan yang telah dibuat oleh Kyoya Kondo (Presdir MMKSI sebelumnya),” tutur Nakamura beberapa waktu lalu di Jakarta.

Nakamura pun membocorkan, salah satu langkah yang akan dilakukan yaitu menambah lagi jajaran produk disegmen mobil penumpang. Bahkan, model baru yang nanti akan diluncurkan itu harus dirakit lokal di Indonesia.

“Modelnya apa, masih terlalu dini untuk saya informasikan sekarang. Sebetulnya saya ingin mengatakannya, tetapi belum bisa sekarang ini,” kata pria yang sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur MMC Rus LCC (Distributor resmi MMC di Rusia).

Saat ini, Nakamura masih harus mempelajari karakter dari masyarakat Indonesia. Sebab, setiap negara memiliki ciri khas dan selera yang berbeda-beda, bahkan iklim pun mempengaruhi dalam mengembangkan suatu produk.

Baca juga: Mitsubishi Siapkan Mobil Baru Produksi Indonesia

“Jadi kami ingin melihat dulu bagaimana orang Indonesia ini dalam memilih kendaraan. Tentunya itu menjadi tantangan buat kami, tetapi kami harus yakin bisa lebih dari yang telah dicapai sebelumnya,” ujar Nakamura.

Mitsubishi Eclipse Cross
Mitsubishi Eclipse Cross Hadir Di Tokyo Motor Show 2017

Produk Baru Masih Rahasia

Apa yang dikatakan oleh Nakamura tentang model baru Mitsubishi di Indonesia ini ternyata belum sampai ke bawahannya. Produk baru yang statusnya dikatakan model global dan rakitan lokal ternyata masih jadi rahasia Naoya Nakamura seorang.

Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro saat ditemui di Makassar beberapa waktu lalu mengatakan jika hal itu masih menjadi rahasia Nakamura. Menurut Irwan sampai saat ini Nakamura belum sempat membicarakannya ke manajemen MMKSI.

“Saya ini kan di sales dan marketing dan memang bisa jadi belum sampai ke saya. Terus terang, Nakamura belum bicara apa-apa ke MMKSI. Dia itu baru sampai (ke Indonesia), justru ke media sudah lebih banyak yang dia sampaikan,” ucap Irwan.

Meski begitu, Irwan menyebut model global baru lahir di Indonesia merupakan hal logis dalam pengembangan pabrik. Menurut Irwan, berbagai calon model baru sudah dipelajari, namun belum ada keputusan.

“Kalau memang produk global, kan sudah kelihatan arahnya MMC itu ke SUV. Cuma ya itu kita juga belum bisa memastikan. Semuanya masih dalam tahap dipelajari. Kami sudah punya pabrik dan ke depannya kalau bikin produk itu memang seharusnya enggak hanya untuk domestik,” tambah Irwan.

LEAVE A REPLY