Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Terbaik Pilihan Wartawan Otomotif

0
kelebihan Mitsubishi Xpander
Xpander saat diajak mendaki ke Gunung Merapi

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mitsubishi Xpander kembali menjadi fenomena baru di industri otomotif Indonesia. Setelah berhasil menjungkalkan Toyota Avanza sebagai mobil terlaris di Indonesia, kini Xpander terpilih sebagai mobil terbaik tahun 2018.

Predikat mobil terbaik pilihan Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) ini membuat Xpander berhasil menyingkirkan empat finalis lainnya. Perlu diketahui, Mitsubishi Xpander bersaing dengan Toyota Rush, Suzuki Ertiga, dan dua merek China Wuling Cortez serta DFSK Glory 580.

Mitsubishi Xpander berhasil meraih total 216 poin untuk meraih titel FORWOT Car of The Year 2018. Sementara pesaing terdekatnya adalah Suzuki Ertiga (160 poin) dan Wuling Cortez (160 poin). Sementara Toyota Rush meraih 141 poin dan DFSK Glory 580 dengan 133 poin.

Hasil ini menunjukkan jika segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) kembali menjadi pilihan para wartawan otomotif sebagai mobil terbaik. Sebelumnya, tiga tahun berturut-turut gelar juara selalu diraih mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV).

Baca juga: DFSK dan Wuling Jadi Finalis Mobil Terbaik Versi Wartawan Otomotif

“Tahun ini pertarungan merebutkan gelar FORWOT Car of the Year semakin seru. Pertama, mobil baru mampu menyodok nama-nama lawas. Selain itu, untuk pertama kalinya dua brand asal China, DFSK dan Wuling, dalam posisi lima besar,” kata Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT saat penyerahan penghargaan di Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Indra menambahkan jika hasil ini membuktikan brand-brand asal Cina mulai diperhitungkan bertarung dengan brand-brand asal Jepang, Eropa, Korea, dan India.

Para perwakilan APM bersama Pengurus FORWOT

Cara Penjurian

FORWOT Car of the Year tahun ini diramaikan oleh 23 mobil baru yang dirilis selama periode Agustus 2017 hingga Juli 2018. Jumlah ini menurun dibandingkan peserta tahun 2017 (32 mobil) dan tahun 2016 (28 mobil).

Pada tahap awal, sekitar 60-an anggota FORWOT yang merupakan jurnalis otomotif dari berbagai media nasional, baik cetak maupun online, melakukan pemilihan. Hasilnya, lima model keluar sebagai lima besar.

Kelima model mobil tersebut adalah DFSK Glory 580, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Rush dan Wuling Cortez. Kelima mobil yang masuk sebagai finalis menggambarkan segmen paling besar di Indonesia yaitu MPV (3 model) dan SUV (2 model).

Selanjutnya, pada tahap kedua, FORWOT meminta 33 jurnalis terpilih berdasarkan pengalaman dan jam terbang untuk memberikan penilaian. Penilaian mengacu pada “Car of the Year” dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun disesuaikan dengan pasar otomotif Indonesia.

“Selected juri-juri inilah yang melakukan penilaian secara online. Sistem online ini membuat data penilaian yang masuk sangat rahasia, otomatis tertabulasi, dan tidak bisa dimanipulasi,” kata Ketua Dewan Juri FORWOT Car of The Year 2018, Raju Febrian.

FORWOT berharap hasil ini bisa memberikan gambaran mengenai mobil-mobil favorit pilihan jurnalis dan konsumen otomotif Tanah Air. Selamat untuk Mitsubishi Xpander.

Daftar Forwot Car of The Year sejak 2009:

– 2009: Toyota Prius – 2015: Honda HR-V
– 2010: (Tidak Diselenggarakan) – 2016: Mitsubishi Pajero Sport
– 2011: (Tidak Diselenggarakan) – 2017: Honda CR-V
– 2012: Honda Brio – 2018: Mitsubishi Xpander
– 2013: Kia Carens  
– 2014: Honda Jazz  

LEAVE A REPLY