Bukan Xenia Atau Terios, Tapi Ini Mobil Terlaris Daihatsu

0
daihatsu xenia
Daihatsu Xenia kini punya varian bermesin 1.500 cc

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pada triwulan pertama 2019, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan data penjualan mereka. Menariknya dari data tersebut, bukan Xenia atau Terios yang menjadi penyokong utama Daihatsu di Indonesia.

Melainkan mobil murah mereka yang memiliki kapasitas 7 penumpang, yaitu Daihatsu Sigra. Ya, mobil LCGC ini menjadi mobil terlaris Daihatsu dalam tiga bulan pertama di 2019 ini.

Tahun ini, Daihatsu mencatat penjualan sebanyak 47.490 unit kendaraan secara retail dan 50.699 unit untuk wholesales. Sigra masih menjadi model terlaris dengan terjual sebanyak 12.834 unit. Model ini pun sekaligus berkontribusi 27% dari seluruh penjualan PT ADM di tiga bulan ini.

Kemudian di nomor kedua diisi oleh Daihatsu Gran Max (pickup) dengan 9.731 unit (20%). Ya, bukan mobil penumpang yang berada di nomor dua. Karena Daihatsu Xenia hanya memberikan kontribusi 14,3% dengan penjualan retail sebanyak 6.813 unit.

Baca juga: Ini Ganjaran Kalau Anda Setia Dengan Mobil Daihatsu

Diikuti oleh model SUV (sport utility vehicle) mereka, Daihatsu Terios juga turut andil dengan penjualan sebanyak 6.742 unit. Xenia dan Terios sama-sama terjual di angka 6 ribuan unit. Hal ini berarti peningkatan atas permintaan SUV yang berangsur naik itu benar adanya.

Meski demikian penjualan Daihatsu mengalami penurunan sebesar 1,7% untuk retail dan 1,8% pada wholesales. Hal ini diakibatkan karena turunnya penjualan retail maupun wholesales di pasar nasional.

Penjualan retail nasional hingga Maret 2019 turun 10% dengan penjualan 259.491 unit dibanding periode tahun lalu. Begitu pula dengan wholesales yang turun 13% (253.863 unit) dari periode serupa. Meski demikian pangsa pasar Daihatsu mengalami kenaikan 18,3% secara retail dan 20% untuk whole sales.

“Kami bersyukur, walaupun penjualan Daihatsu turun sedikit tahun ini, masih lebih baik dari penurunan pasar. Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah memilih Daihatsu sebagai kendaraan mereka,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM.

LEAVE A REPLY