AMMDes Ambulance Feeder Terbukti Bermanfaat Bagi Masyarakat Desa

0
AMMDes ambulance feeder

ROCKOMOTIF, Banten – Keberadaan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pedesaan. Salah satunya adalah kehadiran AMMDes Ambulance Feeder yang ada di Kabupaten Lebak, Banten.

Setelah dites kelayakan jalan pada beberapa waktu lalu, kini Ambulance Feeder AMMDes terbukti bisa memberikan bantuan cepat tanggap bagi ibu hamil yang berada di wilayah Lebak, Banten. Ibu Paini, menjadi salah satu orang yang mungkin merasakan manfaat besar dari adanya mobil AMMDes tersebut.

“Pada Rabu (25/9), Ibu Paini yang sedang hamil tua, telah melahirkan di dalam AMMDes sebelum mencapai Puskesmas Kecamatan. Alhamdulillah, si ibu dan bayinya selamat,” ujar Irwan Julianto, Anggota Dewan Penasehat USAID yang membagikan kisah tersebut pada sosial medianya.

Bagi Irwan, adanya kendaraan multiguna AMMDes ini memang memberikan dampak yang sangat besar. Salah satunya adalah menekan angka kematian ibu dan bayi yang tengah melahirkan lantaran tidak bisa dijangkau oleh ambulance konvensional.

Baca juga: Ketersediaan Suku Cadang AMMDes Sudah Dijamin Aman!

“Selama ini, ibu yang sedang hamil tua biasanya ditandu untuk menuju fasilitas kesehatan. Dengan AMMDes ambulance feeder ini, dapat membawa ibu hamil tua ke Puskesmas Kecamatan atau rumah sakit kabupaten,” tambahnya.

Menanggapi kabar baik tersebut, Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, mengapresiasi atas manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat pedesaan.

“Pengembangan AMMDes ambulance feeder ini memang bertujuan agar bisa membantu masyarakat pedesaan dalam upaya pelayanan transportasi kesehatan. Semoga ini juga bisa dimanfaatkan di daerah-daerah lainnya,” kata Putu di Jakarta (27/9).

Putu optimis, pemanfaatan AMMDes ambulance feeder mampu mengurangi angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Lebak. Mengingat kondisi jalan-jalan desa yang minim infrastruktur dan topografi yang berbukit sehingga sulit dijangkau oleh kendaraan umumnya.

LEAVE A REPLY