Ketersediaan Suku Cadang AMMDes Sudah Dijamin Aman!

0
ammdes lebak
Foto: Putu Juli Ardika dan Iti Octavia Jayabaya
Suzuki Carry giicomvec

ROCKOMOTIF, Jakarta – Salah satu hal yang juga harus diperhatikan untuk kelangsungan hidup Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) adalah ketersediaan suku cadang. Hal tersebut rupanya sudah diperhatikan oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor (KMWD) sebagai produsen dari AMMDes tersebut.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Rio Sanggau, Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor memberikan jawabannya. Dalam seremonial pemberian dua unit ambulance feeder di Kabupaten Lebak, Banten (16/7).

Namun sebelumnya, Rio menegaskan bahwa bukan hanya perihal ketersediaan suku cadang. Melainkan hal lain yang harus diperhatikan adalah ketersediaan bengkel atau workshop untuk melakukan perawatan alias maintenance.

“Jadi pertama rencananya begini, rencananya kita pertama akan mencari bengkel binaan. Bengkel itu yang bisa merawat atau maintenace ini, salah satu contohnya adalah BUMDes (Badan Usaha Milik Deda). Ada juga bengkel-bengkel yang bisa menjadi salah satu target kami untuk menjadi bengkel binaan untuk perawatan AMMDes,” buka Rio Sanggau.

Baca juga: Kabupaten Lebak Banten Jadi Pilot Project AMMDes

Setelah menunjuk bengkel binaan yang bisa melakukan perawatan, Rio kembali menambahkan bahwa nantinnya juga tidak langsung dilepas begitu saja tenaga kerjanya. Melainkan juga mereka ini akan dilatih terlebih dahulu mengenai bagaimana cara perawatan AMMDes tersebut.

“Sebelumnya mereka juga akan mendapat pelatihan tentang teknisi alat angkut ini seperti cara merawatnya. Dan kita bantu dari sisi peralatan karena kebanyakan di desa peralayan tidak lengkap, dan dari sisi spare part,” tambahnya.

Kembali menyinggung perihal ketersediaan suku cadangnya, Rio membeberkan untuk hal tersebut sudah berada di bawah kendali Astra Otoparts sebagai penyedia peranti komponen dari AMMDes ini.

“Akan ada initial sparepart yg diperlukan oleh mereka, dan secara total dipasok oleh Astra Otoparts. Kita memiliki jaringan yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali. Di mana yang kami akan coba maintenance untuk mereka memiliki komponen dari AMMDes ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY