MPV Ini Bisa Capai 33 Km per Liter, Apa Rahasianya

0
Konsumsi bbm ertiga

ROCKOMOTIF, Cirebon – Mobil keluarga atau MPV memang digemari di Indonesia, selain karena mampu memuat 7 penumpang juga karena irit bahan bakar. Tapi selama ini belum ada yang bisa menandingi keiritan MPV yang satu ini, terakhir konsumsi BBM nya bisa mencapai 33,45 km/liter.

MPV ini adalah Suzuki All New Ertiga yang belum lama ini diuji keiritannya oleh puluhan awak media nasional termasuk ROCKOMOTIF. Jarak tempuhnya memang tidak terlalu jauh dari pabrik Suzuki di Cikarang sampai Cirebon. Jarak tempuhnya sekitar 184 km.

Tapi sejak generasi pertama Suzuki Ertiga ini memang terkenal dengan kenyamanan dan keiritannya. Sebelum All New Ertiga ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga pernah menguji Ertiga sebelumnya dengan rute Jakarta-Cirebon.

Baca juga: Ertiga Smart Hybrid Bisa Jadi Senjata Baru Suzuki

“Selain kebijakan pemerintah untuk menuju era kendaraan bermotor listrik yang lebih ramah lingkungan, Suzuki ingin mengajak para pemilik mobil untuk mendukung gerakan tersebut dengan mengadopsi metode Eco Driving. Harapannya adalah mengurangi ketergantungan pelanggan terhadap bahan bakar tidak terbarukan melalui peningkatan efisiensi energi,” ujar Donny Saputra Direktur Marketing 4W PT SIS.

Oh iya, hasil ini dicapai dengan pengujian yang terukur ya. Suzuki menggunakan metode full to full dengan mengisi penuh tangki bahan bakar dan kemudian disegel. Baru ketika sampai di tempat tujuan tangki diisi kembali dengan menggunakan bejana ukur hingga hasilnya akurat. 

Selain metode full to full ini, PT SIS juga mewajibkan AC menyala di semua mobil dan tombol AC juga disegel. Sehingga peserta tidak bisa mengutak-atik. Ini baru pengujian BBM yang sebenarnya, bukannya menggunakan MID dan AC dimatikan. 

Baca juga: Suzuki Stop Terima Inden Jimny di Indonesia?

Tapi harus diingat jika hasil akhir ini didapat dengan cara berkendara yang cukup menyiksa. Bukan menyiksa mobilnya ya, tapi lebih ke pengemudinya. Karena Anda harus benar-benar menerapkan berkendara yang tidak biasa. 

Ertiga irit

Suzuki pun membagikan tips car Eco Driving ini. Hal pertama adalah menjaga kecepatan agar tetap konstan, usahakan putaran mesin di angka 2.000 rpm. Juga usahakan kurangi akselerasi dan deselerasi secara mendadak. Urut pedal gas secara perlahan adalah hal yang mutlak agar mobil bisa irit BBM.

Dengan akselerasi yang lebih perlahan (akselerasi 20 km/jam selama 5 detik saat mulai melaju), akan mengurangi konsumsi bahan bakar sekitar 11%. Berkendara seperti ini memang tidak menyenangkan, karena jika kondisi jalanan kosong maka akan cukup menyiksa batin pengemudi. Selain itu AC harus diatur secara tepat. Atur kira-kira suhu di dalam kabin sekitar 25 derajat jadi kerja kompresor tidak terlalu membebani mesin. 

Baca juga: Ingin Berkendara Irit BBM, Ini Cara yang Tepat!

Pintar dalam menggunakan engine brake, karena mesin akan menghentikan supply bahan bakar dan penggunaan bahan bakar menurun sekitar 2%. Jangan biarkan mesin menyala dengan kondisi idle dalam waktu yang lama. Mobil menggunakan sekitar 130cc bahan bakar ketika mesin idling selama 10 menit (kondisi netral dengan AC dalam keadaan mati).

Saat awal, tidak perlu juga memanaskan mesin terlalu lama. Mobil baru saat ini sekiranya sudah tidak perlu dipanaskan sampai berjam-jam. Terakhir adalah perhatikan barang bawaan Anda karena pasti akan membuat konsumsi BBM lebih boros jika barang Anda terlalu banyak.

Patut diingat jika berkendara irit BBM akan sangat menyiksa jika kondisi jalanan kosong. Karena kecepatan maksimal Anda harus diatur konstan di 70 sampai 80 km/jam. Jika di atas itu maka jelas konsumsi BBM akan lebih banyak. Cara lain adalah jaga putaran mesin di bawah 2.000 rpm akan sangat menghemat bahan bakar. 

Rute utama yang dilewati adalah jalur tol Palimanan dengan kondisi lancar dan kemudian jalur perkotaan ketika memasuki Cirebon dengan kondisi sedikit macet. Selain itu, lomba ini juga dibatasi dengan waktu untuk memastikan seluruh peserta sampai tepat waktu.

Baca juga: Suzuki Siap Hadirkan Ertiga XL6 di Indonesia Tahun Depan

Di Keraton Kasepuhan, Lomba Ertiga Irit dinilai dengan metode full-to-full yang dapat mengukur konsumsi bahan bakar dengan tingkat akurasi yang terpercaya. Hasil akhir konsumsi bahan bakar All New Ertiga terbaik yang dikendarai dengan metode Eco Driving untuk jarak tempuh 184 km adalah 33,45 km/l untuk transmisi manual. Serta 29,67 km/l untuk transmisi otomatis.

Itu tadi cara yang harus dilakukan jika ingin irit BBM. Kalau Anda tidak nyaman dengan pola berkendara seperti ini berarti jangan harap konsumsi BBM mobil Anda bisa sangat irit. 

LEAVE A REPLY