Siap-siap, Operasi Zebra Dimulai 23 Oktober 2019 di Seluruh Indonesia

0
operasi zebra

ROCKOMOTIF, Jakarta – Para pengguna kendaraan di seluruh Indonesia diharapkan agar lebih patuh lagi ketika berkendara di jalan. Sebab, mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019 akan ada Operasi Zebra 2019.

Operasi Zebra 2019 ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman buat masyarakat, terutama di jalan raya.

“Kegiatan ini serentak di seluruh wilayah Polda atau Indonesia. Masing-masing punya fokus yang berbeda-beda, tetapi tujuan utamanya tetap untuk menjaga keamanan dan keselamatan bersama,” ungkap Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin di Jakarta.

Benjamin menjelaskan, penindakan operasi kewilayahan ini bersifat represif, hanya sekitar 20 preventif. Hal ini sejalan dengan tujuannya, yakni cipta kondisi menjelang akhir tahun di bidang lalu lintas.

Baca juga: Siap-siap Tahun Depan Ada Razia Gabungan Pajak Kendaraan

“Terkait sasaran utamanya, akan lebih ke administrasi kendaran bermotor maupun pengemudi kendaraan bermotor. Kita fokuskan ke penindakan stationer. Tapi tidak menutup kemungkinan yang lain-lain dilaksanakan juga,” ungkap Benjamin di Jakarta.

Selain itu, pelanggaran lain terkait masalah administrasi kendaraan bermotor maupun pengemudi kendaraan bermotor meliputi, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau pelat nomor, Surat Izin Mengemudi (SIM), serta segala hal yang berkaitan dengan pajak kendaraan bermotor.

“Operasi Zebra ini akan dilakukan serentak di seluruh wilayah atau Polda masing-masing daerah. Harapan kami bisa lebih baik lagi agar tercipta suasana yang aman dan nyaman buat masyarakat,” kata Benjamin.

LEAVE A REPLY