Coaching Clinic untuk Regenerasi Peslalom Tanah Air

0
coaching clinic slalom

ROCKOMOTIF, Bogor – Regenerasi memang dibutuhkan dalam segala hal, tak terkecuali untuk dunia motorsport. Untuk mencari tunas yang mumpuni, dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah lewat coaching clinic.

Hal ini yang coba ditempuh oleh dua pembalap Toyota Team Indonesia, Anjasara Wahyu dan Demas Agil. Akhir pekan kemarin (17/11), bertempat di arena CNN4Track, kedua pembalap penuh prestasi tersebut melakukan coaching clinic terhadap beberapa orang yang tertarik dengan dunia gymkhana atau slalom.

Menurut Demas Agil, yang bertindak sebagai guest coach, hal semacam ini memang harus dilaksanakan, terlebih antusiasme publik yang begitu besar terhadap dunia slalom.

“Menurut saya, pada dasarnya ini acara yang bagus. Ini salah satu cara baru yang akhirnya bisa terlaksana. Tujuannya adalah untuk mereka yang baru. Ini juga adalah cara untuk berinteraksi dan memahami. Selaij itu, ini merupakan wadah untuk sharing session dari kita yang lebih dulu berkecimpung di dunia slalom untuk mereka yang masih benar-benar pemula,” beber Demas Agil.

Baca juga: Honda Buktikan Brio Lincah Buat Diajak Slalom

Dalam coaching clinic tersebut, materi yang dibagikan oleh Anjasara dan Demas Agil meliputi beberapa aspek, tidak hanya sekedar menghafal soal dan bermanuver, tetapi lebih basic lagi dan teori yang paling dasar. Hal ini dilakukan lantaran pemahaman terhadap dasar slalom menjadi kunci utama.

“Dari minatnya, saya melihat ini sudah tinggi, terbukti dari saat mereka menghafal soal siang hari berpanas-panasan. Setelah itu mereka juga berkesempatan untuk mencoba tracknya. Materi yang saya sampaikan antara lain adalah dasar-dasar slalom, mulai dari pengenalan kendaraan, basic memegang setir, menghafal soal dan terakhir time trial. Saat ini ada dua mobil yang kita gunakan, yakni penggerak roda belakang (RWD) dan penggerak roda depan (FWD),” jelas Anjasara.

Selain itu, menurut Anjasara, kegiatan semacam ini merupakan output dari perkembangan dunia motorsport di Tanah Air, terkhusus slalom. Publik banyak yang penasaran, sehingga coaching clinic semacam ini bisa mengakomodir mereka yang penasaran dan tertarik dengan slalom.

“Ini bagian dari perkembangan motorsport di Indonesia. Sebenernya orang itu banyak yang minat untuk ikut balap mobil dan slalom ini adalah basic. Artinya, mereka mau belajar basic dulu, ini adalah hal yang bagus,” imbuhnya.

Di samping itu, melihat peserta yang mengikuti coaching clinic ini, Demas Agil, pembalap dengan gelar 10 kali Juara Nasional mengatakan ke depannya acara semacam ini bisa terus tumbuh guna menghasilkan regenerasi yang baik.

“Mudah-mudahan, acara seperti ini semakin ramai, agar motorsport Indonesia bisa maju dan generasinya bs lebih banyak lagi,” pungkas Demas.

LEAVE A REPLY