Ferrari Nyerah Pada Selera Pasar, Siap Produksi SUV Super

0
Ferrari SUV Purosangue
Hasil render SUV Ferrari (Foto/Autocar)

ROCKOMOTIF, Italia – Pabrikan berlambang Kuda Jingkrak asal Italia ini tampaknya harus menyerah pada selera pasar, dengan segera memproduksi sebuah SUV super yaitu Ferrari Purosangue. Saat ini memang tren mobil SUV sedang naik daun di seluruh penjuru dunia.

Ferrari pun yang dikenal sebagai produsen supercar dan hypercar harus bisa mengikuti tren industri otomotif ini. Pasalnya hampir semua merek supercar lain sudah memiliki line up SUV super. Lihat saja Lamborghini Urus, Bentley Bentayga, hingga Rolls Royce Cullinan dan juga Aston Martin DBX. 

Memang kategori yang masuk ke dalam SUV hasil racikan pabrikan superar ini bukanlah sebuah SUV premium biasa, tapi lebih pantas disebut dengan Super SUV. Pasalnya meski wujudnya adalah SUV tapi tetap mengusung performa tinggi layaknya supercar mereka. 

Tentunya Ferrari juga akan seperti itu, hanya saja SUV bukanlah sebuah istilah yang akrab dengan Ferrari. Oleh karena itu mereka menolak menyebut Ferrari Purosangue ini dengan sebutan SUV, tapi lebih ke araj Ferrari Utility Vehile atau FUV. 

Baca juga: Ferrari Portofino, Varian Termurah Ferrari Ini Dijual Rp 9 Miliar

Kabarnya pabrikan yang bermarkas di Maranello ini sepertinya akan berbagi platform dengan Ferrari Roma GT yang bermesin depan. Menurut Ferrari Chief Technology Officer Michael Lieters seperti dilansir dari laman Autocar, arsitektur dengan mesin di bagian depan memiliki kemungkinan konfigurasi tempat duduk 2+2. Untuk platform Purosangue sendiri akan kompatibel dengan mesin V6, V8 dan V12.

SUV Ferrari
Hasil render SUV Ferrari Purosangue (Foto/AutoExpress)

Saat ini Ferrari memang sudah memiliki model dengan konfigurasi 2+2 yaitu Ferrari GTC4Lusso. Bukan tidak mungkin tampilan Purosangue ini akan mirip seperti mobil ini hanya sedikit lebih tinggi sesuai dengan karakter SUV. 

Purosangue masih belum memiliki detail untuk mesin, apakah akan menggunakan mesin V8 atau V6, bukan tak mungkin juga akan mengusung mesin V12. Hanya saja, Ferrari memang belum merilis mesin V12 terbaru karena terkait dengan aturan emisi Euro 6. Tapi Ferrari juga mungkin menyematkan mendukung mesin plug-in pada Purosangue yang lebih ramah lingkungan namun tetap bertenaga. 

Baca juga: Ferrari Melesat Tanpa Suara, Inikah Supercar Listrik Baru Ferrari?

Ferrari Purosangue akan menjadi utility vehicle pertama perusahaan otomotif berlambang kuda jingkrak, mobil ini diklaim memiliki beragam keunggulan. Tentunya asek kenyamanan dari sebuah SUV akan menjadi acuan Ferrari terhadap Purosangue ini. Patut ditunggu kehadiran dari super SUV dari Ferrari ini, sanggupkah melibas Lamborghini Urus dan kawan-kawannya yang sudah lebih dulu hadir. 

Saat ini Ferrari juga sedang menyiapkan kehadiran hypercar bermesin V12 6,5 liter plug in yang dijadwalkan meluncur paling cepat setelah 2022. Nantinya penerus dari LaFerrari ini akan membawa filosofi hypercar berbobot ringan dengan kemampuan pengendalian dan aerodinamika yang maksimal.

LEAVE A REPLY